Hunian Hotel di Pekanbaru Turun 20 Persen Akibat Bencana Asap

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru menyatakan bencana asap kebakaran hutan yang menimpa wilayah mereka belakangan ini telah mengganggu ekonomi daerah. Dari sektor perhotelan dan restoran misalnya, bencana telah menurunkan tingkat hunian hingga sebesar 20 persen.

Penurunan terjadi sejak dua bulan terakhir. “Asap yang melanda Pekanbaru dan sekitarnya cukup lama dan parah,” ungkap Nodrizal, Ketua PHRI Pekanbaru seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/9).

Ia memprediksi penurunan tingkat hunian disebabkan karena banyak maskapai penerbangan yang menunda jadwal mereka lantaran gangguan kabut asap.

Penundaan jadwal penerbangan tersebut membuat masyarakat yang memiliki keinginan untuk berkunjung ke Pekanbaru mengurungkan niatnya.

Ia berharap pihak yang berwajib bergerak cepat dalam menuntaskan masalah kebakaran hutan. Pasalnya, kalau tidak segera diatasi, ia meramalkan tingkat hunian bisa semakin hancur.

Menurut PHRI, bencana asap yang tidak segera diselesaikan dalam waktu dekat ini dapat membuat hunian hotel bisa anjlok sampai dengan 40 persen.

Dan ketika penurunan tersebut terjadi, tidak hanya akan para pengusaha hotel dan restoran saja yang akan tertimpa masalah ini.

Novrizal menyebutkan pelaku usaha lain juga akan terkena dampak dari masalah tersebut.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190917180908-92-431322/bencana-asap-hunian-hotel-di-pekanbaru-turun-20-persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *