Demo Mahasiswa di Makassar Serukan Jokowi Lengser

Hari ini dalam aksi yang digelar mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Jalan Urip Sumoharjo, Senin (23/9) orasi dan teriakan yel-yel ‘Jokowi turun’ menggema di Makassar

Aksi ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dan digelar di dua badan jalan di depan kampus. Tidak hanya berorasi tetapi mahasiswa juga membagikan selebaran kepada para pengguna jalan yang melintas dari arah timur ke barat dan dari barat dari timur. Selebaran berisi beberapa alasan terkait tuntutan Presiden Joko Widodo turun tahta.

Mahasiswa membakar ban bekas. Kepulan asap hitam menyelimuti lokasi demonstrasi. Kendaraan melaju tersendat.

Salah seorang orator dari Aliansi Mahasiswa UMI Mira menolak Rezim anti-Demokrasi yang turun jalan hari ini mengatakan terlalu banyak kebijakan Jokowi yang tidak pro rakyat. Di antaranya beberapa rancangan undang-undang (RUU) yang tergesa-gesa ditetapkan.

“Maka hari ini kami nyatakan Jokowi harus turun,” ucap Mira.

Diantara RUU itu yang ditolak mahasiswa adalah RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Perkelapasawitan, dan RKUHP. Massa juga turut mengkritik kebijakan DPR dan pemerintah mengesahkan Revisi UU KPK.

Menurut mahasiswa banyak dari RUU itu yang justru lebih memihak kepada pengusaha daripada rakyat.

“Tolak pengesahan RUU KPK, tolak kenaikan iuran BPJS, tolak revisi UU Ketenagakerjaan, tolak revisi UU Pertanahan, tolak RUU perkelapasawitan, tolak RKUHP,” ungkap Mira.

Ajis, salah seorang orator dalam orasinya menyebutkan mahasiswa UMI turun untuk mengkritisi segala bentuk kebijakan yang tidak pro rakyat.

“Kita turun untuk menumbangkan rezim antidemokrasi,” ungkap Ajis.

Tidak hanya di Makassar, demonstrasi mahasiswa juga terjadi di Yogyakarta. Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi bergabung dengan pekerja, pelajar, dan aktivis masyarakat sipil berkumpul di Pertigaan Gejayan, menggelar unjuk rasa menolak beberapa rencana pengesahan UU yang dinilai mengancam demokrasi di Indonesia.

Rencananya aksi di Yogyakarta dimulai pada pukul 13.00 WIB. Namun, sejak pukul 11.00 WIB massa sudah berkumpul di tiga titik untuk melakukan long march menuju Pertigaan Gejayan.

Sementara itu demonstrasi digelar mahasiswa di Riau, tepatnya berlokasi di Tanjung Pinang. Demo ini diwarnai dengan kericuhan.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190923123814-20-432964/demo-di-makassar-mahasiswa-serukan-jokowi-lengser

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *