BJ Habibie Wafat, Istana Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kompleks Istana Kepresidenan dan Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat melakukan pengibaran bendera setengah tiang, sebagai tanda berkabung atas wafatnya BJ Habibie, Presiden ketiga RI.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com di kompleks Istana Kepresidenan, tampak bendera setengah tiang  dilakukan di halaman depan Istana Merdeka dan halaman Istana Negara.

Terpantau bendera setengah tiang telah dipasang di kawasan Kompleks Parlemen, tepatnya di depan Gedung Kura-kura.

Tidak ketinggalan, instansi kepolisian pun turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Irjen Gatot Eddy Pramono, Kapolda Metro Jaya turut menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Habibie.

“Saya Kapolda Metro Jaya beserta seluruh jajaranya ingin menyampaikan ucapan bela sungkawa atas berpulangnya presiden ketiga kita almarhum Bapak Profesor BJ Habibie. Insyallah beliau akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ungkap Gatot di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/9).

Pantuan dari CNNIndonesia.com di lapangan, selama melewati ruas jalan dari kawasan Jakarta Selatan hingga Jakarta Pusat, beberapa gedung perkantoran, lembaga negara, kementerian hingga Istana Kepresidenan Jakarta mengibarkan bendera setengah tiang.

Di sepanjang Jalan Cilandak KKO, Transmart Cilandak dan sejumlah perkantoran memasang bendera setengah tiang.

Tak ketinggalan di sepanjang Jalan Ampera Raya, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, serta Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) juga turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Tidak hanya itu, beberapa perkantoran, kementerian, dan lembaga negara di sepanjang Jalan HR Rasuna Said juga terlihat mengibarkan bendera setengah tiang. Di antaranya, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ketika melintasi Jalan Medan Merdeka Timur, kantor pemerintahan yang memasang bendera setengah tiang antara lain, Markas Pusat Polisi Militer Angkatan Darat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, hingga Markas Kostrad.

Kemudian bendera setengah tiang juga turut dikibarkan di Mabes TNI Angkatan Darat, Kementerian Dalam Negeri, Mahkamah Agung, serta Istana Kepresidenan Jakarta.

Presiden ketiga BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9). Pratikno, Menteri Sekretaris Negara mengungkapkan pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari hingga tanggal 14 September 2019.

Lantas Pratikno mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini hingga 14 September.

Selain masyarakat, kantor-kantor pemerintah baik di dalam dan luar negeri juga diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, juga kepada kantor-kantor lembaga negara atau pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai tanggal 14 September 2019,” ungkapnya.

Imbauan itu tertuang melalui surat B- 1010/M.Sesneg/Set/TU.0010912019 11 September 2019 tentang pengibaran bendera negara setengah tiang.

Rencananya Almarhum BJ Habibie akan dikebumikan siang ini di Taman makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Habibie.

Almarhum rencananya akan dimakamkan di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun, yang telah lebih dulu wafat yakni pada tanggal 22 Mei 2010 lalu.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190912101943-20-429807/negara-berkabung-istana-kibarkan-bendera-setengah-tiang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *