Sidang Perdana, Jalan di Sekitar MK Ditutup

Demi pengamanan sidang sengketa Pilpres 2019, polisi memblokade Jalan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar rekayasa lalu lintas yang diterapkan mulai dari sebelum dan saat sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di MK.

“Dalam rangka giat sidang PHPU di Gedung MK, ruas jalan akan ada pengalihan karena jalan ditutup,” ucap Kompol M Naseer, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kamis (13/6) seperti dilansir¬†Antara.

Nasser menuturkan penutupan diterapkan mulai dari Kamis malam hingga ketika proses sidang berlangsung di sekitar ruas jalan menuju gedung MK.

“Rencana pengalihan arus lalu lintas dimulai pukul 22.00 WIB [Kamis], namun sifatnya situasional,” ungkap Naseer.

Ruas jalan di sekitar gedung MK yang ditutup adalah:

1. Jalan Medan Merdeka Utara MCB Barrier di depan gedung Kemendagri.

2. Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur dan barat, penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah.

3. Jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni.

4. Jalan Abdul Muis arah utara di Jalan Tanah Abang 2.

5. Jalan Majapahit ujung Harmoni.

6. Jalan Veteran 3 depan Bina Graha.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas di sekitar gedung MK adalah:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

2. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Berdasar pada situs MK, Sidang PHPU Pilpres 2019 yang terdaftar dengan nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 itu akan digelar mulai pukul 09.00 WIB, Kamis (14/6).

Kemarin, Fajar Laksono selaku Juru Bicara MK menyebutkan pihak kepolisian telah menyiapkan paling tidak 12 ribu personel untuk mengamankan sejumlah titik di sekitar Gedung MK ketika sidang perdana ini berlangsung.

Terkait dengan rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan, Fajar meminta tidak dianggap sebagai upaya menghalang-halangi masuknya masyarakat.

Semua itu, ucap Fajar, semata-mata supaya persidangan tidak mengalami gangguan yang signifikan mengingat MK juga hanya memiliki tenggat waktu sebanyak 14 hari untuk memutus perkara PHPU Pilpres 2019 yang dimohonkan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190613200604-20-403139/sidang-perdana-sengketa-pilpres-jalan-di-sekitar-mk-ditutup

Photo by rawpixel.com from Pexels

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *