Bappenas Sebut Indonesia akan Menjadi Negara dengan Pendapatan Menengah ke Atas

Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menyebutkan Indonesia di tahun 2020 akan naik kelas dari negara dengan pendapatan kelas menengah menjadi negara dengan pendapatan kelas menengah tinggi.

“Kata menengah-tinggi ini kami masukkan karena tahun 2020 diperkirakan Indonesia sudah naik kelas dari negara berpendapatan menengah rendah atau menengah bawah menjadi negara berpendapatan menengah ke atas,” ungkap dia saat melakukan rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta Kamis (13/6/2019).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, pada kesempatan yang sama menuturkan ada sejumlah hal yang perlu dilakukan Indonesia untuk mencapai target menjadi negara berpendapatan kelas menengah tinggi.

Salah satunya adalah menyerap dan mengadaptasi perkembangan ekonomi. Pasalnya, teknologi menjadi faktor pendorong bagi tingkat investasi yang tinggi dan berkelanjutan.

Pemerintah pun memasang target pertumbuhan ekonomi harus dijaga rata-rata mendekati 6 persen pada periode 2020-2030.

“Tantangan Indonesia untuk keluar dari middle income trap adala bagaimana kita mampu tingkatkan produktifitas serta absorb teknologi dan mengkonversikanya,” terang dia.

Pada tahun 2020, pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,3 persen hingga 5,6 persen serta inflasi di kisaran 2 pereen hingga 4 persen.

Kemudian tingkat bunga SPN 3 bulan sebesar 5 persen hingga 5,6 persen serta nilai tukar rupiah diproyeksi berada pada level Rp 14.000-Rp 15.000 per dollar AS.

 

Sumber: https://money.kompas.com/read/2019/06/13/213000626/bappenas-indonesia-bakal-jadi-negara-berpendapatan-menengah-ke-atas

Photo by Dio Hasbi Saniskoro from Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *