AS Mengancam Tarif Tambahan pada US$300 Miliar Produk China

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat (AS) memiliki rencana untuk menghantam China dengan tarif tambahan pada produk senilai US$300 miliar asal negara tersebut.

Meskipun begitu, ia tetap membuka ruang negosiasi untuk menyelesaikan perang dagang antar kedua negara tersebut.

“Pembicaraan kami dengan China, banyak hal menarik yang sedang terjadi.Kita lihat apa yang akan terjadi, saya bisa naikkan paling sedikit (tarif pada produk China) US$300 miliar dan saya akan melakukan pada waktu yang tepat,” ungkap Trump dikutip dariĀ Reuters, Jumat (6/6).

Trump melanjutkan China kemungkinan ingin membuat kesepakatan dengan AS, sementara kesepakatan dengan negara tetangga Meksiko dapat berakhir dengan buruk.

Tidak hanya dengan China, AS juga baru saja mengibarkan perang dagang dengan negara tetangga Meksiko melalui ancaman pengenaan tarif impor pada seluruh barang asal negara tersebut.

Merespon ancaman Trump, China mengaku akan berjuang hingga akhir jika Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk meningkatkan ketegangan perang dagang antar kedua negara itu.

Ancaman AS tersebut dianggap menyebabkan kemunduran serius pada negosiasi dagang antara kedua negara.

“Penggunaan ‘tekanan pamungkas’ Amerika Serikat telah menyebabkan kemunduran serius dalam perundingan perdagangan, dan arah pembicaraan di masa depan akan tergantung pada Washington,” ucap juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng.

China juga mengatakan harus mengadopsi tindakan penanggulangan yang dibutuhkan jika Amerika Serikat memutuskan untuk meningkatkan ketegangan perdagangan secara sepihak.

Tensi perang dagang kian memanas sejak AS kembali menaikkan tarif impor pada produkĀ senilai US$200 miliar menjadi 25 persen di tengah negosiasi dagang antara kedua negara. Kemudian China membalas dengan membuat daftar hitam perusahaan AS.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190606145855-92-401378/trump-ancam-tarif-tambahan-pada-us-300-miliar-produk-china

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *