The Fed Mempertahankan Kebijakan Suku Bunga Acuan

The Fed, Bank sentral Amerika Serikat (AS) mengambil langkah untuk tidak mengubah kebijakan suku bunga acuan mereka.

Dalam rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC)  pada akhir bulan kemarin, mereka mengambil keputusan dengan suara bulat untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan di kisaran 2,25 persen sampai dengan 2,5 persen.

Langkah tersebut diambil lantaran data ekonomi AS yang dirilis baru-baru ini tidak sanggup untuk mendorong keyakinan mereka untuk menaikkan suku bunga acuan. Mereka memang mencatat bahwa angka penciptaan lapangan kerja di AS baru-baru ini cukup bagus.

Angka tersebut menumbuhkan keyakinan bahwa untuk saat ini ekonomi AS ‘solid’ dan bagus. Namun, di saat yang bersamaan mereka dihadapkan pada data investasi.

Rilis data memperlihatkan adanya perlambatan investasi oleh bisnis dan rumah tangga serta inflasi yang lemah dan jatuh di bawah target The Fed.

Jerome Powell, Gubernur The Fed  yakin kebijakan suku bunga acuan yang diambil lembaganya saat ini cukup tepat.

“Tapi ke depan kami akan mengawasi inflasi dengan cermat. Kami tidak melihat alasan kuat untuk bergerak ke dua arah,” ucap dia seperti dikutip dari AFP, Kamis (2/5).

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump melalui cuitan dalam akun twitternya mengeluarkan kritik keras terhadap bank sentral sebelum Thr Fed mengumumkan kebijakan suku bunga acuan mereka.

Trump mengecam The Fed karena “tidak henti-hentinya” menaikkan suku bunga walaupun inflasi rendah. Ia menuntut para pejabat bank sentral untuk memangkas suku bunga dengan persentase poin penuh.

Serangan Trump tersebut dicemaskan pasar akan membuat The Fed tunduk pada tekanan politik. Tetapi Powell menampik kekhawatiran tersebut.

“Kami tidak memikirkan pertimbangan politik jangka pendek, kami tidak membahasnya dan kami tidak mempertimbangkannya dalam mengambil keputusan dengan satu atau lain cara,” ungkap dia.

Tampaknya pernyataan Powell tersebut mengurangi harapan yang berkembang bahwa The Fed akan condong menurunkan suku bunga acuan.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190502062003-532-391242/the-fed-pertahankan-kebijakan-suku-bunga-acuan

Foto: https://www.pexels.com/photo/rolled-20-u-s-dollar-bill-164527/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *