Soal Inflasi, BI Sebut Pangan dan Tiket Pesawat Jauh dari Prakiraan

Bank Indonesia (BI) menyebutkan Indeks Harga Konsumen (IHK) April yang mencatat inflasi sebesar 0,44 persen secara bulanan jauh dari ramalan sebelumnya. Semula BI meramal inflasi pada April 2019 hanya sebesar 0,37 persen.

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI mengucapkan ternyata harga bahan pangan seperti cabai merah dan bawang merah, serta harga tiket pesawat jauh lebih tinggi dari prakiraan.

Untuk beberapa komoditas tersebut, Perry memang tidak menyebut angka inflasi. Namun, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bawang merah mengalami inflasi sebesar 22,9 persen dan bawang putih mencatat inflasi sebesar 35 persen. Sementara itu, cabai merah dan tarif tiket memberi andil inflasi sebesar 0,07 persen dan sebesar 0,05 persen.

“Jadi inflasi yang sebesar 0,44 persen ini memang lebih tinggi 0,07 dibanding prediksi kami,” terang Perry, Jumat (3/5).

Ia menuturkan inflasi dari komponen bahan pangan bergejolak (volatile food) masih akan mengancam pada Mei karena faktor cuaca dan tren musiman, mengingat sudah akan memasuki bulan Ramadan. Meski demikian, ia menilai fundamental inflasi masih terjaga lantaran inflasi inti masih tercatat rendah.

Menurut catatan BPS, inflasi inti secara bulanan tercatat 0,17 persen, sedangkan angkanya secara tahunan di angka 3,05 persen.

“Namun demikian, kami mewaspadai dan memantau harga-harga di pangan dan harga-harga yang diatur pemerintah dan akan berkoordinasi dengan pemerintah,” papar dia.

Dengan demikian, inflasi secara tahunan April tercatat 2,83 persen. BI masih menilai inflasi masih bisa mengarah ke angka 3,1 persen hingga akhir tahun mendatang.

“Ini berada di titik tengah dari proyeksi kami yakni inflasi di angka 3,5 persen plus minus 1 persen,” terang dia.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190503145717-532-391704/bi-soal-inflasi-pangan-dan-tiket-pesawat-jauh-dari-prakiraan

Foto: https://www.pexels.com/photo/white-and-black-inflation-chalk-board-writing-164656/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *