Gorontalo Diguncang Gempa 4,6 SR

Abraham Mustamu selaku Kepala Stasiun Geofisika Manado menuturkan gempa bumi dengan kekuatan Magnitude 4,6 terjadi di wilayah Gorontalo pada Minggu (12/5), pukul 07.43 Wita.

Lokasi episenter gempabumi terletak di koordinat 0,63 LU dan 122,3 BT, atau lebih jelasnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah barat laut Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo pada kedalaman 91 kilometer.

Menurut ia, jika dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Sulawesi.

Menurut laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Limboto Kabupaten Gorontalo, dan Kota Gorontalo II-III MMI.

Hingga pukul 08.00 WIB, Hasil monitoring BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) belum memperlihatkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG menghimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Gorontalo untuk tetap tenang, dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg),” ucap dia.

Maryam Rauf, Salah seorang warga Kota Gorontalo mengatakan turut merasakan getaran gempa walau sebentar.

“Tapi kami tidak sampai panik,” ungkap dia.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190512100001-20-394094/gempa-46-sr-guncang-gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *