Menurut Mendagri Masa Kampanye Terlalu Panjang

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menganggap masa kampanye pada Pemilu 2019 terlalu panjang. Maka dari itu, pihaknya berharap ada pengkajian sehingga didapatkan masa kampanye yang tepat.

Tjahjo menilai, masa kampanye yang terlalu lama ini dapat mengakibatkan meningkatnya tensi politik.

“Iya saya melihat terlalu lama. Mungkin nanti mudah-mudahan 2024 nanti akan dipersingkat,” ungkap Tjahjo, seusai mengisi kuliah tamu di Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya, Selasa (2/4).

Menurut hasil perhitungannya, Tjahjo menilai masa paling ideal untuk kampanye adalah kurang lebih satu bulan. Namun, kata dia hal itu masih bisa dimatangkan lagi oleh anggota DPR hasil pemilu 2019.

“Usulan kami sebulan sudah cukup, nanti kan tergantung anggota DPR yang baru. Terlalu jenuh,” ungkap politikus dari PDIP ini.

Kini ia menghimbau supaya seluruh masyarakat bisa saling mengingatkan dan menurunkan tensi, jelang hari pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

“Soal ada impact negatif dari kampanye yang berujar kebencian, fitnah. Ya mari kita mengingatkan. Sekarang kan sudah mulai cooling down mendekati pemilu,” ungkap dia.

Masa kampanye Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 digelar selama lima bulan yaitu kurun waktu dari tanggal 28 September 2018 hingga 13 April 2019.

Rencananya, pada hari terakhir kampanye Pemilu 2019 tersebut akan ditutup dengan Debat Terbuka Antar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Peserta Pilpres 2019.

Debat yang akan digelar pada malam hari di Hotel Sultan, Jakarta itu akan mengusung tema sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Kontestasi Pilpres 2019 diikuti oleh dua pasang calon yaitu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dengan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin

Dan pesaingnya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190402203644-32-383043/mendagri-nilai-masa-kampanye-memakan-waktu-terlalu-panjang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *