KPU Kota Jogja Coret 1 Nama Berkewarganegaraan Spanyol yang Masuk DPT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta telah mencoret 1 nama Warga Negara Asing (WNA) asal Spanyol, Juan Carlos Sanavas, yang namanya tertera di DPT Pemilu 2019. Hal ini dilakukan usai KPU mengklarifikasi ke lapangan.

“Kita sudah coret (Juan Carlos Sanavas dari DPT),” ungkap Hidayat Widodo selaku Ketua KPU Kota Yogyakarta, kepada¬†detikcom¬†di kantornya, di Jalan Magelang No 41 Kota Yogyakarta, Senin (11/3/2019).

Juan Carlos Sanavas adalah seorang warga negara Spanyol yang sudah lima tahun ini tinggal di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan. Menurut catatan dari Bawaslu, nama Juan sempat tercatat di DPT untuk Pemilu 2019.

Menindaklanjuti hasil temuan tersebut, KPU Kota Yogyakarta telah mengirimkan petugas untuk melakukan klarifikasi. Akhirnya diketahui Juan Carlos Sanavas adalah seorang WNA, sehingga KPU mencoret namanya dari DPT.

“Kita sudah klarifikasi, sudah konfirmasi. Baik itu dari Bawaslu maupun dari KPU Kota (sudah mengklarifikasi) dan memang itu (Juan Carlos Sanavas) adalah WNA,” kata dia.

Sejauh ini, kata Hidayat, baru diketahui satu orang WNA di Kota Yogyakarta yang namanya tertera di DPT. Bila ada penemuan lainnya, dia memastikan KPU Kota Yogyakarta akan mencoret nama WNA tersebut dari DPT.

“Iya (nama WNA yang tertera di DPT pasti dicoret). Kita selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota Yogyakarta, seandainya ada. Sampai sekarang hanya satu (WNA yang masuk DPT di Kota Yogya),” tandasnya.

 

 

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4461857/kpu-kota-yogya-coret-1-wna-spanyol-yang-masuk-dpt

Foto: https://www.pexels.com/photo/sky-blue-windy-flag-54097/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *