[KLARIFIKASI] Pose Dua Jari Susi Pudjiastuti di Acara Pandu Laut

Memasuki musim kampanye politik, beberapa informasi mulai beredar di media sosial terkait tokoh atau pejabat yang mendukung salah satu pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Salah satu tokoh yang digembor-gemborkan ikut dukung-mendukung adalah Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dalam sebuah foto yang beredar di Instagram, Susi disebut memberikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres dengan nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Informasi ini turut beredar juga di Twitter pada Minggu (17/2/2019). Menteri Susi Pudjiastuti pun akhirnya memberikan tanggapan.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan hasil penelusuran dari Kompas.com, salah satu pengguna Instagram mengupload foto Susi Pudjiastuti sedang berpose salam dua jari berbentuk huruf L.

Susi berfoto sembari menunjukkan jari telunjuk dan ibu jari, yang selama ini digunakan oleh pendukung Prabowo-Sandiaga. Dalam unggahan itu, pengguna Instagram @2019prabowopresiden_ menarasikan yang seakan-akan Susi mendukung paslon Prabowo-Sandiaga.

Kemudian seorang pengguna Twitter meng-capture unggahan tersebut dan menyertai mention ke akun Twitter Susi Pudjiastuti, @susipudjiastuti.

Penelusuran Kompas.com:

Ketika netizen mengabarkan tentang foto Susi berpose dengan salam dua jari berbentuk “L” tersebut, Susi kemudian memberikan penjelasan.

Pendiri maskapai perintis Susi Air ini menampik bahwa salam jari itu merupakan dukungan politik terhadap salah satu pasangan capres-cawapres.

“Ini adalah foto tanggal 16 Mei 2018, di Luwuk (Sulawesi Tengah). Itu salamnya Pandu Laut, organisasi pencinta, penjaga, perawat laut,” ungkap Susi kepada Kompas.com, Minggu (17/2/2019).

“Ada 200 komunitas pencinta laut, penyelam, kayaker, dan lainnya,” ucap Susi. Tidak hanya itu, Susi pun juga mengonfirmasi melalui balasan twit kepada si pengunggah foto secara langsung dan menautkan referensi acara Pandu Laut yang dimaksud.

Susi menuliskan bahwa foto pose dua jari tersebut bukan merupakan salam politik melainkan merupakan salam Pandu Laut.

Perlu diketahui, acara Car Free Day (CFD) Pandu Laut Nusantara adalah acara yang diinisiasi oleh Menteri Susi Pudjiastuti sebagai wadah untuk para pencinta laut di Indonesia.

Acara ini juga mendatangkan beberapa publik figure, seperti Kaka “Slank”, Ridho “Slank”, Izabel Jahja, Prita Laura, Bustar Maitar, Marcel Siahaan, Aprika Rani, dan Ony Hafiedz.

 

Sumber:  https://nasional.kompas.com/read/2019/02/17/17285471/klarifikasi-salam-dua-jari-susi-pudjiastuti-di-acara-pandu-laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *