Alasan Purnawirawan Dukung Joko Widodo

Iskandar Sitompul, Laksamana Muda (Purn)  menyebutkan bahwa dirinya dan ratusan purnawirawan lain pernah diajarkan untuk melihat dan berpikir ketika masih mengenyam pendidikan kemiliteran. Bekal dari masa lalu itu dimanfaatkan untuk memilih capres yang patut didukung, yaitu Joko Widodo.

Diketahui, purnawirawan TNI dan Polri mengikuti acara deklarasi dukungan sekaligus silaturahmi dengan Jokowi di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2).

“Dulu, kita tentu saja diajar berpikir. Diajar melihat. Kalau kita ya, melihat Pak Jokowi yang mempunyai harapan untuk memajukan bangsa dan negara ini. Ini pilihan kami,” ungkap Iskandar.

Hal itu diungkapkannya ketika ditanya soal alasan dirinya dan para purnawirawan yang hadir tidak memberikan dukungan terhadap capres Prabowo Subianto yang juga merupakan purnawirawan TNI.

Dia mengamini bahwa Prabowo memang seorang purnawirawan TNI. Namun, Iskandar mengungkapkan bahwa Jokowi sudah terbukti hasil kerjanya. Selain itu, Jokowi telah memberikan contoh yang baik sebagai pemimpin.

Iskandar mengambil contoh dengan sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Jokowi, yaitu penerbitan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, serta pembangunan infrastruktur.

“Dan ini kita lihat begitu banyak kemajuan Indonesia. Kita melihat kepimpinan Pak Jokowi ini kan teladan, pekerja keras, dan contoh-contoh yang sudah dikerjakan selama 4 tahun ini begitu bagus,’ kata Iskandar.

Kemudian Iskandar menyinggung kelompok purnawirawan yang telah mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo beberapa waktu lalu. Dia berkata hal tersebut sah-sah saja dan tidak membuat keluarga besar purnawirawan terpecah belah.

Mereka yang mendukung Prabowo, Iskandar menegaskan, juga teman dari purnawirawan pendukung Jokowi. Baginya, tidak ada sekat yang timbul hanya karena berbeda pilihan politik.

“Saya kira di negara demokrasi bebas untuk memilih. Tapi tentunya kita memilih pemimpin yang dapat memberi contoh dapat kita lihat pekerja keras dan lain-lain,” ucap Iskandar.

Di lokasi yang sama, Laksamana (Purn) Marsetio menganggap Jokowi sudah bekerja dengan baik sebagai presiden selama kurun waktu empat tahun terakhir. Dia berharap Jokowi memenangkan pilpres dan lanjut dua periode membangun Indonesia.

Sekitar seribu purnawirawan TNI dan Polri dari berbagai angkatan turut mendeklarasikan dukungan sekaligus bersilaturahmi dengan capres dengan nomor urut 01 Joko Widodo. Acara dilaksanakan di Hall C Ji-Expo Kemayoran , Jakarta, Minggu (10/2).

Ketua panitia acara Iskandar Sitompul menyebutkan purnawirawan yang hadir berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Tidak hanya dari pulau Jawa. pula berasal dari seluruh matra, yaitu angkatan darat laut dan udara.

“Yang hadir disini, seribu Purnawirawan, juga hanya perwakilan. Masih banyak yang tidak hadir disini tapi dukung Pak Jokowi. Keluarga dan anak-anaknya juga ,” ungkap dia.

Iskandar mengaku bahwa kegiatan silaturahmi pada hari ini diinisiasi oleh Cakra 19, tim pemenangan bayangan Jokowi – Ma’ruf. Dirinya pun mengaku termasuk bagian dari tim tersebut.

 

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190211045319-32-367976/motif-purnawirawan-tak-dukung-prabowo-kami-diajar-melihat

Foto: https://www.pexels.com/photo/hands-people-friends-communication-45842/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *