Sri Mulyani Ditantang Timses Prabowo-Sandi Transparan Terkait Melonjaknya Dana Hibah

Realisasi APBN 2018 sedang menjadi sorotan para ekonom. Terutama mengenai lonjakan penerimaan hibah yang masuk ke dalam kas negara pada 2018.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, tercatat penerimaan hibah 2018 mencapai nilai Rp 13,9 triliun atau 1.161 persen dari target yang disepakati pemerintah dan DPR di APBN 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun akhirnya ditantang untuk transparan, untuk buka-bukan mengenai asal dan penggunaan dana hibah yang dimaksud. Apalagi lonjakan dana hibah tersebut terjadi di tahun politik.

“Demi good governance, sebaiknya sumber hibah tersebut dibuka ke publik, terinci per pemberi hibah,” ungkap ekonom Dradjad Wibowo yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu (2/1/2019).

“Lalu dijelaskan juga alasan mereka memberi hibah,” lanjut pria yang juga menjadi Anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno itu. Drajad menilai, seharusnya Kementrian Keuangan sanggup menjelaskan dengan detil dana hibah tersebut.

Ia yakin, Kemenkeu dan BPK memiliki rincian dari dana hibah tersebut mulai dari mana asal dana hibah tersebut hingga jumlah rincinya.

“Pos Hibah dalam Penerimaan Negara itu dulu biasanya berasal dari lembaga dunia seperti Bank Dunia, IMF dan ADB,” ucap dia.

Menurut Drajad, penerimaan hibah pada 2018 cukup tinggi. Sebab di APBN 2018, target penerimaan hibah hanya Rp 1,2 triliun.

Drajad mengaku tidak tahu secara persis apa yang menyebabkan dana hibah melonjak, termasuk soal kemungkinan akibat pelemahan rupiah.

Oleh sebab itu Drajad meminta agar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati transparan mengenai penerimaan dan pengunaan dana hibah pada 2018.

Menurut data Kementrian Keuangan, belanja hibah pemerintah pusat hanya sebesar Rp 1,5 triliun pada 2018, Realisasi ini sama dengan target di APBN tahun 2018. Belanja hibah 2018 lebih kecil dibandingkan 2017 yang menyentuh angka Rp 5,4 triliun.

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/03/080000426/timses-prabowo-sandi-tantang-sri-mulyani-transparan-soal-melonjaknya-dana.

Foto: https://pixabay.com/id/uang-rupiah-gaji-ekonomi-keuangan-3431772/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *