Kemenkeu Ingin Membuat Portal lelang.go.id Seperti e-Commerce

Pemerintah ingin membuat lelang menjadi sebuah industri di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyuguhkan wajah baru portal lelang.go.id yang lebih enak dilihat.

Lukman Effendi  selaku Direktur Lelang DJKN Kementerian Keuangan menyebutkan, dengan tampilan baru, situs tersebut juga lebih memudahkan calon peserta lelang untuk memilih barang yang diinginkan.

DJKN ingin membuat lelang.go.id nantinya menjadi one stop service seperti e-commerce. “Kita mau lelang suatu saat menjadi industri, mengikuti perkembangan market kayak e-commerce kita,” ucap Lukman di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Kemudian, Kemenkeu juga menginginkan literasi masyarakat mengenai lelang lebih tinggi. Lelang tak lagi dinilai sebagai sebuah mekanisme jual beli yang ribet dan birokratif, melainkan mudah dan sederhana.

Caranya dengan menjadikan tampilan portal lelang.go.id menjadi lebih user friendly, dilengkapi foto dan keterangan yang komplit.

“Kita ubah formatnya nanti seperti Lazadan dan lainnnya. Jadi begitu diklik, langsung terpapar apa yang dijual dengan foto-fotonya,” ucap Lukman.

Dengan mengakses fitur pencarian, calon peserta lelang juga bisa dengan mudah mencari spesifik barang yang diinginkan.

Contohnya, mencari rumah di area Depok atau kendaraan bermotor dengan kriteria tertentu.

“Tidak kalah lah dengan e-commerce itu. Bedanya kalau mereka jual beli biasa, kalau lelang ada unsur kompetisinya,” ungkap Lukman.

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/15/063756626/kemenkeu-ingin-jadikan-portal-lelanggoid-seperti-e-commerce.
Photo by rawpixel.com from Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *