Hingga Akhir Tahun Rupiah Diprediksi Bisa Terus Menguat

Hingga akhir tahun 2018 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diprediksi akan menguat. Rupiah di pasar spot menguat 0,25 persen ke level Rp 14.544 per dollar AS pada Jumat (23/11/2018).

Sedangkan terlihat pada data Jakarta Interspot Dollar Rate (JISDOR) menunjukkan rupiah menguat 0,27 persen ke level Rp 14.552 per dollar AS.

Berbagai macam isu global yang turut melemahkan indeks dollar Amerika Serikat (AS) memicu penguatan mata uang emerging market khususnya rupiah.

Ibrahim selaku Direktur Garuda Berjangka menyebutkan, faktor pelemahan dollar dan menguatnya rupiah tidak lain karena perekonomian Eropa membaik.

Pasalnya, Pemerintah Italia yang tengah berunding terkait anggaran tahun 2019 yang melebihi kuota akan diselidiki Pemerintah Uni Eropa yang merevisi anggaran belanja tersebut.

Ditambah keputusan Brexit yang sudah ditanda tangan dengan musyawarah, hal ini membuat dollar AS lunglai. Sementara itu, Ibrahim juga mencatat data pengangguran di negeri paman Sam (AS) meningkat.

Itulah yang menjadikan dollar melemah, sedangkan rupiah menguat. Menurut Ibrahim, kuatnya rupiah yang dalam waktu terbatas tak lepas dari peran bank sentral AS yang kemungkinan merevisi ataupun menahan kenaikan suku bunga pada tahun 2019 dan 2020.

Ibrahim juga memprediksi bank sentral Indonesia yang menaikkan suku bunga merupakan stimulus ekonomi ke-16 mampu menguatkan rupiah.

Untuk itu, Ibrahim memperkirakan akhir tahun rupiah akan mencapai level Rp 14.400 per dollar AS. Sementara Deddy Yusuf Siregar seorang analis Asia Trade Points Futures memprediksi rupiah secara fundamental rupiah masih akan kuat.

“Masih oke karena turunnya harga minyak dunia. Sehingga sampai akhir tahun, rupiah bisa menguat,” ucapnya, Minggu (25/11/2018).

Deddy pun memperkirakan akhir tahun ini, level rupiah berada di kisaran Rp 14.300 per dollar AS.

 

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/26/063700426/rupiah-diperkirakan-bisa-terus-menguat-hingga-akhir-tahun.
Photo by bady qb on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *