Cara Ikut Lelang Online Kemenkeu

Situs lelang online diperbarui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dengan tampilan yang lebih user friendly.

Calon pembeli bisa lebih leluasa mencari barang lelang yang diinginkan di portal lelang.go.id yang baru dengan fitur pencarian.

Lukman Effendi  selaku Direktur Lelang DJKN menjanjikan bagi pembeli kemudahan untuk mengakses website maupun mengajukan penawaran lelang.

Jadwal lelang dibuka Kemenkeu mulai Rabu (14/11/2018) untuk registrasi dan open house di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan.

Di sana dipamerkan bermacam barang-barang yang akan dilelang, termasuk barang gratifikasi yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Portal lelang.go.id akan resmi diluncurkan kemudian hari pada Kamis (15/11/2018). Hari itu juga, pelaksanaan lelang open bidding maupun close bidding dimulai.

Metode lelang yang bisa diikuti ada dua, yaitu lelang melalui internet dengan mengakses lelang.go.id  dan lelang kehadiran yang bisa diikuti secara tatap muka.

Untuk mengikuti lelang melalui portal lelang.go.id, calon pembeli terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun di website lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

“Syarat ikut (penawaran) lelang harus melampirkan foto KTP dan memasukkan data NPWP dan nomor rekening atas nama sendiri,” ucap Lukman, Rabu (14/11/2018).

Setelah itu, peserta lelang harus menyetor uang jaminan sesuai yang disyaratkan penjual dalam pengumuman lelang.

Angkanya berbeda-beda tergantung nominal yang ditentukan si penjual barang tersebut. Setoran uang jaminan paling lambat diterima KPKNL paling lambat satu hari kerja sebelum pelaksanaan lelang.

Cara lainnya yaitu menyetorkan uang jaminan melalui nomor Virtual Account masing-masing peserta lelang.

Nomor VA bisa dilihat pada menu status lelang setelah berhasil melakukan pendaftaran dan melengkapi data identitas.

Uang jaminan yang telah disetorkan akan dikembalikan seutuhnya kepada peserta lelang yang tidak disahkan sebagai pembeli.

Kemudia, mengenai pelunasan lelang, harus dilakukan paling lambat lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang. Jika tidak melunasi kewajibannya, maka uang jaminan akan disetorkan ke kas negara.

Untuk cara penawarannya sebagai berikut:

  1. Calon peserta lelang melakukan penawaran secara terbuka dan tertutup dengan mengakses lelangdjkn.kemenkeu.go.id sesuai waktu yang ditentukan.
  2. Penawaran dilakukan pada hari Kamis (15/11/2018).
  3. Untuk open bidding, penawaran dimulai pukul 13.00-15.00 WIB.
  4. Untuk close bidding batas akhir pengajuan penawaran pukul 14.00 WIB.

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/14/190700826/tertarik-ikut-lelang-online-kemenkeu-simak-caranya-.
Foto: https://www.pexels.com/photo/close-up-court-courthouse-hammer-534204/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *