Kemenkominfo Pastikan Foto Detik-detik Terakhir Lion Air JT 610 Hoaks

Setelah kejadian jatuhnya pesawat JT610 milik maskapai penerbangan Lion Air di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018). Muncul beberapa unggahan yang memperlihatkan suasana detik-detik sebelum pesawat jatuh.

Unggahan ini marak di Instagram yang meliputi foto selfie yang disebut-sebut sebagai penumpang pesawat Lion Air JT610.

Terdapat juga foto yang seakan-akan menggambarkan kondisi di dalam kabin sebelum pesawat menghantam perairan.

Foto selfie penumpang Pesawat JT610

Beredar foto yang memperlihatkan empat orang penumpang tengah berswafoto di dalam kabin pesawat. Dalam foto itu, tampak empat orang sedang memakai masker oksigen yang merupakan salah satu fasilitas keselamatan untuk awak pesawat.

Awalnya, unggahan ini viral di Instagram yang diupload oleh akun @westjournalpalma. Namun, unggahan ini telah dihapus karena ditegur oleh pemerintah.

“Kami hapus. Karena dapat teguran dari Kemenhub,” ucap admin @westjournalpalma, Senin (29/10/2018).

Ferdinandus Setu , Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika menuturkan bahwa foto tersebut adalah pemberitaan yang tidak benar atau hoaks.

“Foto selfie yang diduga korban di pesawat Lion Air JT610 ini merupakan hoaks,” ucap Ferdinandus. Sebenarnya foto tersebut adalah foto penumpang dari penerbangan Sriwijaya Air ketika terjadi turbulance di udara.

“Faktanya ini merupakan penumpang Sriwijaya Air saat terjadi turbulence di udara,” ungkap Ferdinandus. Menurut dia, pihak Kemenkominfo menerima informasi ini pada Senin (29/10/2018) pukul 13.00 WIB melalui email aduankonten@kominfo.go.id.

Video situasi di dalam kabin

Tidak hanya itu, muncul juga unggahan berupa video yang menggambarkan situasi detik-detik kejadian pesawat Lion Air JT610 jatuh.

Nampak dalam video tersebut, kondisi kabin gelap gulita dan terdengar beberapa penumpang sedang berdoa memohon keselamatan.

Awalnya, unggahan video ini beredar luas melalui akun Instagram @merapi_singgalang pada pukul 12.00 WIB. Unggahan ini pun telah dilihat sebanyak 260.020 kali tayangan dan telah dikomentari sebanyak 1.879 kali.

Ferdinandus Setu mengatakan, video detik-detik situasi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 adalah hoaks.

“Video situasi di dalam pesawat yang beredar itu termasuk hoaks,” terang Ferdinandus. Sementara, ia mengkarifikasi bahwa apa yang terjadi dalam unggahan video itu merupakan kejadian penerbangan Lion Air JT353 tujuan Padang-Jakarta yang terkendala turbulance.

“Video yang beredar ini adalah penerbangan Lion Air JT353 tujuan Padang-Jakarta yang mengalami turbulance, mesin mati, dan lainnya,” ucap dia.

laporan penyebaran video situasi di dalam kabin pesawat JT610 ini didapatkan pihak Kemenkominfo sekitar pukul 15.00 WIB.

Ferdinandus juga menyatakan, pihak Kemenkominfo mencoba mencari tahu sumber unggahan tersebut menggunakan mesin pengais konten.

Sumber:  https://nasional.kompas.com/read/2018/10/29/20333861/beredar-foto-detik-detik-terakhir-lion-air-jt-610-kemenkominfo-pastikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *