Bawaslu Mengatakan Jokowi Boleh Memakai Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye

Fritz Edward Siregar seorang anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebutkan, Presiden Jokowi diperbolehkan memanfaatkan pesawat kepresidenan ketika berkampanye.

Lantaran, terang Fritz, hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah yang mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai Kampanye.

“Karena ada peraturan pemerintahnya. Ada peraturan pemerintahnya tapi saya lupa. Karena baru dikeluarkan beberapa hari sebelum kampanye,” ucap Fritz ketika ditemui di Menteng, Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Fritz menerangkan, pemakaian pesawat kepresidenan saat kampanye sempat menimbulkan polemik dalam rapat penyusunan PKPU Kampanye bersama Komisi II DPR.

Pada akhirnya perkara tersebut diserahkan kepada pemerintah untuk membuat ketentuannya dalam Peraturan Pemerintah. Fritz pun menganggap wajar diperbolehkannya Jokowi memakai pesawat kepresidenan ketika kampanye dikarenakan status Presiden tidak hilang saat ia berkampanye sebagai capres.

“Karena Presiden bagaimanapun capres 01 tetap adalah seorang Presiden yang memiliki hak untuk kesehatan dan keamanan. Dan dari faktor keamanan, bahwa kenapa ada pesawat kepresidenan? Karena bukan hanya ada faktor kenyamanan tapi juga ada faktor keamanan,” ungkap Fritz.

“Sebagai seorang Presiden, konstitusi yang melekat pada seorang Presiden. Di Peraturan Pemerintahnya diperbolehkan. Mohon maaf saya juga lupa tapi itu ada,” ucapnya.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2018/09/30/21042611/bawaslu-sebut-jokowi-boleh-gunakan-pesawat-kepresidenan-saat-kampanye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *