AS Akan Melancarkan Serangan Baru Kepada China

AS akan melakukan serangan dagang baru terhadap China. Serangan akan dilakukan jika pertemuan antara Xi Jinping dengan Donald Trump bulan depan tidak membuahkan hasil memuaskan mengenai sengketa dagang yang tengah terjadi di antara kedua negara tersebut.

Menurut laporan Reuters, sampai detik ini ini belum ada satu putusan apapun yang diambil terkait rencana serangan tersebut.

Tapi untuk berjaga-jaga jikalau perundingan antara Trump dan Xi tidak membuahkan kesepakatan yang positif bagi hubungan dagang kedua negara, AS mulai menyisir daftar tarif baru yang akan mereka kenakan kepada barang impor China.

Seorang pejabat AS yang paham betul dengan rencana pemberlakuan tersebut mengucapkan tarif baru akan segera diberlakukan kalau perundingan tidak membuahkan hasil.

“Roda akan berputar ke arah itu,” katanya, Selasa (30/10).

Sejak beberapa bulan lalu Trump  melancarkan serangan dagang terhadap China. Ia telah mengenakan tarif pada barang impor Cina bernilai US$ 250 miliar. Tarif tersebut banyak diberlakukan pada barang modal, setengah dan setengah jadi.

Gayung bersambut, China merespon serangan tersebut dengan mengenakan tarif atas impor AS bernilai 110 miliar dolar AS.  Sudah sejak lama Trump  mengancam akan terus mengenakan tarif atas semua sisa barang impor Cina ke Amerika Serikat, apabila Beijing tidak memenuhi tuntutan AS memperbaiki kebijakan dagangnya kepada Negeri Paman Sam tersebut.

Sampai detik ini, total nilai sisa impor China ke AS yang sampai detik ini belum terkena tarif di AS menyentuh angka US$257 miliar. Barang yang belum terkena tersebut adalah antara lain; produk konsumen, komputer, telpon seluler, pakaian jadi dan sepatu.

Sementara itu, Sarah Sanders, Sekretaris Pers Gedung Putih ketika dikonfirmasi terkait rencana pemberlakuan tarif impor baru tersebut menolak memberikan keterangan detail.

“Saya tidak akan maju dari pertemuan presiden, dan saya harap itu berjalan dengan baik.” ucapnya.

Juru bicara Gedung Putih lain menyebutkan ada “Tidak ada yang baru mengenai tarif barang-barang China sampai saat ini,” ungkapnya.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181030061049-92-342497/perang-dagang-as-akan-lancarkan-serangan-baru-terhadap-china

Foto: https://pixabay.com/en/sparkler-usa-american-flag-united-839806/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *