20 Juta Dollar AS Digelontorkan YouTube untuk Konten Pendidikan

Investasi sebesar 20 juta dollar AS akan digelontorkan oleh Youtube untuk konten-konten edukasi, termasuk mendanai kreator Youtube yang membuat konten dengan dasar pembelajaran.

Seperti dilansir dari CNN, Selasa (22/10/2018), anak perusahaan Google ini sedang dalam proses pembuatan video edukasi ‘YouTube Originals’ serta sejumlah seri video tanya jawab dengan Vox Entertainment.

YouTube juga akan menerbitkan sebuah channel pembelajaran dengan video bertema DIY (Do It Yourself) serta tutorial yang akan dimasukkan dalam list Best Of YouTube pada laman utama mereka.

Susan Wojcicki selaku CEO YouTube, pada Juli lalu mengatakan, Youtube sedang mengusung insiatif yang disebut YouTube Learning untuk promosi dan hibah yang mendukung konten dan organisasi yang fokus pada pembelajaran.

“Harapan kami adalah mendukung mereka yang menggunakan Youtube untuk berbagi pengetauan mereka dengan dunia dan jutaan pengguna yang datang ke platform kami untuk belajar,” terang YouTube melalui keterangan tertulisnya.

Malik Ucard, Global Head of Family YouTube menerangkan channel YouTube Learning akan diprogram langsung oleh manusia, untuk memastikan kualitas konten aman dan relevan.

“Kami akan menunjuk konten kreator terpercaya dan kredibel untuk platform ini,” ucap dia.

YouTube sendiri tengah memproduksi konten-konten edukasi selama bertahun-tahun, namun langkah ini memperlihatkan semakin meningkatnya dukungan perusahaan terhadap pendidikan.

Selain itu perusahaan ini juga sedang memaksimalkan kemampuan logaritma mereka agar dapat menyaring konten-konten yang tidak pantas sehingga tidak muncul dalam layanan yang mereka miliki, termasuk YouTube Kids.

Bulan April lalu, YouTube menyatakan lebih dari 8 juta video telah diturunkan sepanjang bulan Oktober dan Desember yang melanggar standar komunitas mereka, termasuk spam atau orang-orang yang mencoba untuk mengupload konten-konten dewasa melalui platform mereka.

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/23/101000526/youtube-gelontorkan-20-juta-dollar-as-untuk-konten-pendidikan.
Photo by freestocks.org from Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *