Perang Dagang Sanggup Menyebabkan Krisis Keuangan Selanjutnya?

  1. Permasalahan ekonomi di beberapa negara emerging markets alias negara berkembang dan terus berkecamuknya perang dagang antara AS dan China dianggap berpotensi meningkatkan risiko krisis keuangan berikutnya. Hal ini menurut CEO dari sebuah perusahaan sovereign wealth fund Korea Selatan.

Dikutip dari CNBC, Senin (17/9/2018), Heenam Choi, CEO Korea Investment Corporation (KIC) menyebutkan, seiring dengan ekonomi global yang terus tumbuh, bank sentral AS Federal Reserve dan beberapa bank sentral lainnya ingin mengambil langkah pengetatan kebijakan moneter.

Ini berdampak pada likuiditas di beberapa negara berkembang. Gejolak likuiditas tersebut terjadi pada saat kondisi ekonomi di sebuah negara menjadi ketat dan pengajuan pinjaman menjadi lebih sulit.

Akhirnya, investasi dan konsumsi menurun, berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang terpukul. Suku bunga AS pun telah naik dan bank-bank sentral di seluruh dunia menjauh dari kebijakan pelonggaran yang diadopsi selama dan setelah krisis keuangan satu dekade silam.

“Selain (kondisi pengetatan ekonomi) itu, ada pula faktor-faktor non-ekonomi. Maksud saya, perang dagang, perselisihan perdagangan, risiko geopolitik bisa menjadi daftar faktor potensi yang berdampak pada ekonomi global,” terang Choi.

Menyelesaikan perang dagang antara AS dan China tak akan mudah, Choi menambahkan.

“Terkait isu tersebut, saya sedikit (merasa) negatif,” ungkap dia.

Satu dekade setelah krisis keuangan global, lanjut Choi, ekonomi dunia secara umum lebih aman ketimbang sebelumnya. Selain itu, negara-negara pun lebih mempersiapkan diri dengan baik untuk mengantisipasi krisis.

Menurut Choi, hal ini khususnya terjadi di negara berkembang yang dalam satu dekade terakhir melakukan reformasi struktural. Ini dilakukan untuk membuat ekonomi lebih kuat.

“Meskipun ada beberapa negara yang terpukul karena guncangan eksternal, negara-negara berkembang sangat siap dalam hal jaring pengaman (krisis keuangan),” jelas Choi.

Sumber:

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/17/131708726/perang-dagang-bisa-sebabkan-krisis-keuangan-selanjutnya.
https://www.pexels.com/photo/war-chess-59197/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *