Memahami Fenomena Ekonomi, Menyiapkan Generasi Mandiri, Membangun Masa Depan Negeri [Kolom Syauqi]

Membersamai ibu-ibu pengurus MEK PW Aisyiyah Riau dan perwakilan PDA Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dalam rangka Sosialisasi dan Konsolidasi Program pada hari Kamis tanggal 30 Agustus 2018 di Pekanbaru Riau.

Menyampaikan gagasan tentang pentingnya memahami setiap fenomena ekonomi kepada ibu-ibu para pegiat ekonomi Aisyiyah dengan tiga hikmah yang utama.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Yang pertama bahwa ekonomi bukan lagi ranah yang asing untuk dimasuki oleh ibu-ibu dan para perempuan pada umumnya. Karena melalui pemahaman yang cukup tentang ekonomi, kekhawatiran terhadap berbagai akibat perubahan ekonomi global tidak lagi menjadi hambatan berarti. Kesiapan menghadapi berbagai tantangan perubahan, bisa diwujudkan sejak awal. Termasuk dengan membangun semangat kewirausahaan dan menumbuhkan literasi bisnis di kalangan keluarga.

Yang kedua. Sebagai ibu, para pengurus Aisyiyah memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan pemahaman ini kepada anak-anak dan keluarga. Dengan metode pembimbingan yang tepat, terwujudnya generasi yang mandiri dan siap menghadapi berbagai tantangan kehidupan, bukan lagi sekedar harapan.

Dan yang ketiga, sebagai pegiat gerakan kemasyarakatan, setiap pengurus Aisyiyah juga memiliki peran penting untuk menjelaskan dan mengajak masyarakat agar tetap optimis dan selalu siap menghadapi perubahan yang terjadi. Termasuk perubahan tata sosial dan budaya sebagai implikasi dari kemajuan teknologi digital saat ini.

Perhatian lebih pada ketiga hal inilah yang sejak sekarang mesti dilakukan. Dan disyiarkan.
Kita ajak dan libatkan siapapun pemangku kepentingan yang dapat memastikan ketiga hal tersebut berjalan dengan baik.

Mengapa demikian?
Karena masa depan negeri ini sejatinya berada pada peran anak muda dan perempuan yang bervisi dan berkinerja nyata. Siapapun dan dari daerah mana pun asal mereka.

Semoga silaturahim ini dapat menumbuhkan lebih banyak perhatian tentang pentingnya memahami fenomena ekonomi dan literasi bisnis.
Baik bagi keluarga besar Aisyiyah di Riau, maupun bagi setiap anak bangsa.

Dan tidak lupa, semoga Allah SWT meridhai niat dan ikhtiar kita semua.

Penulis :
Ahmad Syauqi Soeratno
Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah

#daulatekonomi
#aisyiyahbergerak
#indonesiaberkemajuan

*sumber foto,
– ibu Gusfi Yanti
– ibu Trias
– ibu Fitri Ummi Alfa
– dok. pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *