Kebijakan Jokowi Mengenai Divestasi Freeport Didukung Dubes AS

Joseph R. Donovan Jr selaku Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mendukung kebijakan Presiden Jokowi soal divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen.

Donovan menyebutkan, apa yang telah diputuskan oleh Presiden Jokowi soal divestasi perusahaan Amerika tersebut merupakan solusi menguntungkan semua pihak termasuk pemilik saham Freeport.

“Presiden Joko Widodo telah menyerukan solusi yang saling menguntungkan kepada masyarakat Papua, masyarakat Indonesia, dan pemilik saham Freeport. Dan saya sangat setuju dengan seruan tersebut,” ucap Donovan, Senin (24/9/2018).

Menurut Ia, tidak sedikit perusahaan di Amerika yang tertarik untuk menanam investasi di Indonesia secara keseluruhan dan atau di Papua secara khusus.

Namun, hal tersebut juga tidak terlepas dari peran Pemerintah Indonesia yang dapat menciptakan lingkungan yang baik sehingga perusahaan-perusahaan itu bisa mendapat keuntungan yang sesuai.

Tidak hanya itu, kepastian kontrak untuk perusahaan-perusahaan Amerika di Indonesia harus konsisten dan dengan peraturan yang adil. Jika terjadi perubahan maka dilakukan dengan cara yang transparan.

“Kalau pemerintah Indonesia bertindak adil terhadap perusahaan-perusahaan Amerika yang sudah ada di sini maka tentu banyak perusahaan Amerika lainnya turut berinvestasi di sini,” ungkapnya.

“Perusahaan-perusahaan Amerika yang ada di Indonesia saat ini menetukan apakah perusahaan lain datang atau tidak,” lanjut dia.

 

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/24/113700226/dubes-as-dukung-kebijakan-jokowi-soal-divestasi-freeport.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *