Filosofi Jawa Dan Konsep Ekonomi Jack Ma [Kolom Afnan Hadikusumo]

Siapa tidak kenal dengan Jack Ma, pendiri Alibaba Group dan orang terkaya kedua di Cina versi Forbes.

Keberhasilannya tentu dengan dilandasi kerja keras dan pantang menyerah. Dalam suatu kesempatan Jack Ma pernah berkata : “Jangan berjualan ke teman dekat atau Saudara. Ketika berjualan ke teman dekat dan keluarga, berapapun yang Anda jual ke mereka, mereka akan selalu berpikir, Anda sedang mencari untung dari uang mereka. Dan semurah apapun Anda jual ke mereka, mereka tetap tidak menghargainya.” Pernyataan dia tentu didasari atas pengalaman hidup yang bersangkutan.

Berbeda dengan dia, bagi orang Jawa belanja di tempat Saudara atau Kenalan lebih dikarenakan menjaga hubungan persaudaraan atau pertemanan. Pepatah jawa mengatakan TUNO SATAK BATHI SANAK, ini secara harfiah memiliki makna tidaklah mengapa mengalami kerugian dalam bisnis selama mendapatkan keuntungan berupa teman baru/persaudaraan (sanak/sedulur)/jaringan bisnis.

Pepatah ini ingin mengajarkan bahwa sedulur ‘saudara’ atau teman tampaknya memang menjadi pilihan yang lebih mempunyai makna daripada sekadar uang (material).

Pada sisi lain pepatah ini juga mengajarkan bahwa sedulur (sanak) jauh lebih menguntungkan daripada seukuran uang dalam kesesaatan.

Penulis :
Muhammad Afnan Hadikusumo
Anggota  DPD RI perwakilan Provinsi DIY periode tahun 2014 – 2019
Calon anggota DPD RI perwakilan Provinsi DIY periode tahun 2019 – 2024
Web : http://afnanhadikusumo.id/

#BelanjaDiTempatTetangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *