Target Pertumbuhan Ekonomi di 2019 Sulit Terpenuhi Karena Ada Pilpres

Pada 2019, target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen dinilai akan sulit untuk dipenuhi. Walaupun angka tersebut lebih rendah dari target tahun 2018 yang sebesar 5,4 persen.

Misbah Hasan, Deputi Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mengucapkan di tahun ini, ekonomi Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh dinamika politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres). Tidak hanya itu, dengan majunya kembali Presiden Joko Widodo sebagai calon presiden, maka konsentrasi pemerintah juga akan terpecah.

“Saya pikir ke depan banyak sekali nuasa politik dan banyak menteri yang nyaleg pasti konsentrasinya terpecah. Presiden Jokowi sendiri akan disibukkan oleh kepentingannya mencalonkan kembali dirinya sebagai presiden,” terangnya, Minggu (19/8/2018).

Di sisi lain, penyaluran dana desa yang selama ini diharapkan menjadi pendorong daya masyarakat di pedesaan juga dinilai masih belum maksimal. Walaupun, pada tahun 2019 alokasi dana desa dinaikkan menjadi Rp 73 triliun dari Rp 60 triliun di tahun 2018.

“Kalau melihat data kemarin dana desa yang disalurkan bisa dinikmati oleh masyarakat desa, tetapi kelompok yang menikmati hanya elit-elit desa. Ini dibuktikan dengan kesenjangan di desa semakin melebar. Jadi siapa yang menikmati dana desa itu perlu dipertanyakan. Pemerintah mendorong program padat karya tunai tapi belum bisa diukur seberapa efektif (mendorong daya beli masyarakat desa),” terangnya.

Maka dari itu, Misbah mengatakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen di tahun 2019 dinilai berat untuk bisa dipenuhi. Dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi di tahun depan hanya mencapai 5 persen.

“Dengan target 5,3 persen, dari sisi angka pertumbuhan sebelumnya (di tahun ini) itu realistis. Tapi dengan dinamika politik di tahun depan, saya pesimis bisa tercapai. Jadi agak berat. Mungkin yang agak realistis itu 5 persen, dengan pertimbangan kondisi politik di 2019,” pungkasnya.

 

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3622945/ada-pilpres-target-pertumbuhan-ekonomi-di-2019-sulit-tercapai

Foto: https://www.pexels.com/photo/accounting-analytics-balance-black-and-white-209224/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *