Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi Sejak 2015 pada Kuartal II 2018

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2018 mencapai sebesar 5,27 persen (year-on-year). Adapun pencapaian tersebut merupakan pertumbuhan ekonomi paling tinggi sejak 2015.

“Ini sangat bagus sekali. Lebih tinggi dibandingkan (pertumbuhan ekonomi) triwulan I 2018 yang sebesar 5,06 persen, dan (pertumbuhan ekonomi) triwulan II 2017 yang sebesar 5,01 persen,” ungkap Kepala BPS Suhariyanto sewaktu jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Meskipun demikian, Suhariyanto mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi masih harus ditingkatkan, mengingat pemerintah memiliki target sebesar 5,4 persen dalam APBN 2018.

Perekonomian Indonesia pada triwulan II 2018 tumbuh sebesar 4,21 persen terhadap triwulan I 2018 (quarter-to-quarter). Sementara perekonomian Indonesia pada semester I 2018 terhadap semester I 2017 (c-to-c) tercatat meningkat 5,17 persen.

Suhariyanto tidak menepis apabila pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2018 dipengaruhi oleh momentum Lebaran. BPS mencatat pengeluaran konsumsi rumah tangga meningkat, terutama pada kelompok restoran dan hotel, kelompok makanan dan minuman (selain restoran), serta komunikasi dan transportasi.

Di sisi lain, pengeluaran konsumsi pemerintah juga meningkat. Beberapa faktor yang berpengaruh  ialah realisasi belanja barang, belanja pegawai untuk pembayaran THR dan belanja bantuan sosial.

Selain itu, tiga sektor produksi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2018 adalah pertanian, perdagangan dan industri pengolahan.

Suhariyanto mengucapkan industri pengolahan nonmigas meningkat, khususnya industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, serta barang dari karet dan kulit.

Pada sektor pertanian, buah-buahan, produksi sayuran, peternakan, dan produk unggas mengalami pertumbuhan. Sedangkan pada sektor perdagangan, penjualan eceran dan reparasi mobil dan motor tercatat mengalami peningkatan.

Sumber: https://tirto.id/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-kuartal-ii-2018-tertinggi-sejak-2015-cQvl

Photo by rawpixel on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *