Diprediksi BI akan Kembali Menaikkan Suku Bunga Bank untuk Menjaga Rupiah

Radhika Rao, Ekonom Bank DBS memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan menaikkan kembali suku bunga acuan atau 7-Day Repo Rate untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah di tengah menguatnya dollar AS.

BI sudah terhitung empat kali menaikkan suku bunga acuan dari awal tahun, dengan tiga kali kenaikan 25 basis poin (bps) dan satu kali 50 basis poin.

“Terdapat sejumlah sensitivitas terkait nilai tukar, meskipun hal ini merupakan gejolak yang biasa terjadi pada negara berkembang. Jika rupiah tetap berada di bawah tekanan, BI akan kembali melakukan kenaikan (suku bunga acuan),” ucap Rao Jumat (24/8/2018).

Menurut dia, jika ditilik dari riwayatnya sejak awal tahun, faktor utama BI menaikkan suku bunga acuan karena depresiasi atau pelemahan nilai tukar rupiah yang terlalu cepat terjadi. Kenaikan suku bunga juga diperlukan untuk menahan kondisi yang sedang bergejolak di pasar uang.

“Mata uang rupiah telah berada di bawah tekanan sejak awal tahun, dengan peningkatan penjualan yang terjadi pada pekan ini ketika krisis mata uang Turki terungkap,” ungkap Rao.

Untuk di wilayah Asia, rupiah tercatat menempati posisi mata uang kedua paling buruk yang mengalami depresiasi, yakni melemah 1,2 persen (month to date) setelah India rupee yang melemah 1,9 persen (month to date).

Ditambah lagi dominasi investor asing dalam pasar obligasi, Rao melihat pentingnya Indonesia menjaga diferensiasi tingkat kurs secara positif. Terpisah dari upaya BI menaikkan suku bunga acuan, pemerintah juga telah membatasi impor modal dan menggantinya dengan alternatif dari domestik.

Kemenkeu sebelumnya juga memberikan pernyataan untuk membatasi impor yang dirasa tidak krusial atau terlalu strategis hingga membekukan sementara proyek-proyek infrastruktur yang menyumbang impor bahan baku cukup besar.

Sumber:  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/24/184200126/jaga-rupiah-bi-diprediksi-akan-kembali-naikkan-suku-bunga-.
Photo by bady qb on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *