Warning Trump untuk Indonesia Mengenai Perang Dagang yang Akan Terjadi

Presiden AS Donald Trump

SuaraDemokrasi.com – Presiden AS, Donald Trump mulai memberikan warning-nya kepada Indonesia karena jumlah ekspor ke AS lebih tinggi dibanding jumlah ekspor AS ke Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Penguasaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi ketika mengikuti acara halal bihalal di kantor Apindo, Kamis (5/7).

“Dia sudah kasih kita warning bahwa ekspor kita lebih banyak pada dia dan kita harus bicara pada dia mengenai beberapa aturan yang mana di punya special tarrif placement yang dia mau cabut. Terutama di bidang tekstil dan lain-lain,” kata Sofjan di hadapan pengurus Apindo.

Sofjan yang juga Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sempat bertanya langsung kepada sejumlah orang hingga pimpinan Amerika saat dirinya belum lama ini berada di sana.

Hasil perbincangan yang dilakukan, bahkan orang Amerika sendiri pun tidak mengetahui apa yang akan dilakukan Trump ke depan sehingga mereka juga diliputi ketidakpastian.

Meski merasa tidak pasti, warga di Amerika tidak terlalu memperhitungkan hal itu, karena ekonomi di sana sedang tumbuh pesat.

Hal itu sempat dirasakan oleh Sofjan saat berkunjung ke sana, bahkan dari kegiatan ekonomi di jalan yang terlihat secara kasat mata.

“Di Amerika, saat ini memang sedang dipenuhi mal, restoran penuh. Tingkat penganggurannya juga kecil,” ujar Sofjan.

Menyikapi kondisi yang demikian, Sofjan mengimbau kepada jajaran pengurus Apindo untuk selalu waspada dan fokus dengan usahanya masing-masing.

Dia juga meminta supaya para pengusaha tidak perlu terlalu khawatir, karena dampak dari perang dagang ini tidak akan langsung terasa saat itu juga.

“Saudara jaga saja cash flow, jaga perusahaannya masing-masing. Karena ini efeknya tidak segera terjadi, tetapi setelah terjadinya perang dagang,” ujar Sofjan menutup pembicaraan.

(Sumber berita : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/05/202649726/trump-mulai-beri-peringatan-untuk-perang-dagang-dengan-indonesia)
(sumber foto : http://www.rmoljabar.com/images/berita/2017/07/622271_08234322072017_Presiden_Amerika_Serikat_Donald.jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *