Pertemuan Airlangga dan Cak Imim Menyebut Bahwa Tidak Ada Poros Ketiga

Airlangga dan Cak Imim

SuaraDemokrasi.com – Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Golkar TB Ace Hasan Syadzily menyebutkan bahwa pertemuan antara Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar merupakan penegasan mengenai tidak akan ada poros baru di Pilpres 2019.

Ace meyakini bahwa Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, akan merapat ke Jokowi dalam kontestasi pilpres mendatang. Menurutnya mustahil Golkar dan PKB tidak mengusung Jokowi.

Pertemuan malam tadi bagi Ace fokusnya untuk menggalang kekuatan koalisi dari godaan wacana poros ketiga atau yang lainnya.

“Ini hanya menegaskan saja karena ada pihak-pihak yang mencoba untuk, misalnya, membuat poros baru, mewacanakan poros inilah, itulah. Pertemuan Pak Airlangga dan Cak Imin menegaskan tidak ada poros-porosan,” ujar Ace.

Wacana poros ketiga sempat mencuat dari beberapa partai yang belum menentukan dukungan baik kepada Jokowi maupun ke poros Prabowo Subianto yang sudah didaulat Gerindra untuk maju pilpres 2019.

Selama ini poros ketiga dinisiasi Partai Demokrat. Beberapa elite partai telah bertemu petinggi Demokrat, beberapa di antaranya Jusuf Kalla dan Presiden PKS Sohibul Iman.

Sementara itu PAN, makin leluasa menentukan koalisi di pilpres 2019 lantaran sukses di pilkada serentak 2018. PAN tak menutup kemungkinan membuat poros baru berbekal dari kesuksesannya itu.

Sebelumnya, Airlangga Hartanto usai bertemu dengan Muhaimin Iskandar telah menyatakan bahwa pertemuannya tidak membahas poros ketiga, justru yang dibahas adalah poros dukungan kepada Jokowi.

“Kita tidak membahas poros ketiga, ini membahas poros yang mendukung,” kata Airlangga di kantor DPP PKB.

Orang nomor satu di Partai Golkar itu menyebut, pertemuannya sebagai balasan atas kunjungan Cak Imin tempo hari ke rumah dinas. Hasil pertemuannya tersebut berkutat pada penyamaan visi kedua partai untuk memenangkan pemilu legislatif dan presiden.

Meski demikian, Cak Imin yang tampil bersama Airlangga tidak bisa memastikan posisi partainya dalam pilpres tahun depan.

“Menyangkut 2019, kami akan terus berdiskusi, bekerja sama, sama-sama mencari formulasi koalisis yang produktif dan baik,” ujar Imin.

“Sudah saya umumkan berkali-kali bahwa kita mendukung Pak Jokowi dan Muhaimin, Join. Hal-hal lain yang menyangkut berikutnya nanti dilihat perkembangannya,” ujar Cak Imin.

(sumber berita : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180704203917-32-311606/airlangga-cak-imin-bertemu-golkar-sebut-poros-ketiga-tak-ada)
(sumber foto : https://cdn0-a.production.images.static6.com/5ZmDE7r3k8BOmcX4k4X4fl9evoo=/1231×710/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/2268903/original/059751900_1530702909-20180704-Airlangga-Cak-Imin-1.jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *