Perancis atau Belgia?

Pada laga semifinal World Cup 2018 dini hari nanti akan menghadirkan Perancis dan Belgia. Pilihan yang berat untuk memprediksi siapa yang bakalan memenangkan laga ini. Perancis atau Belgia?
 
Kalau bersandar kepada mesin pencari google, pada statistik kata kunci FIFA World Cup 2018, kita akan mendapati statistik peluang Perancis memenangkan pertandingan sebesar 39%, draw 29% dan Belgia menang dengan kemungkinan 32%. Ibarat survey elektabilitas, Perancis memiliki peluang lebih besar memenangkan pertandingan dini hari nanti melawan Belgia.

 
Perancis sepertinya lebih dijagokan karena pernah menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Sedangkan Belgia, prestasi terbaiknya sebelum Semifinal ini adalah di Perempat Final Piala Dunia tahun 2014 dan Peringkat Kedua Piala Eropa tahun 1980.
 
Tim Belgia didominasi oleh pemain-pemain liga Inggris. Mereka tentu sering bertemu dalam berbagai pertandingan di Liga Inggris dengan demikian lebih mengenal karakter masing-masing sehingga memungkinkan permainan mereka lebih terpadu.
 
Buktinya Panama dilibas 3-0, Tunisia dilibas 5-2, Inggris dilibas 1-0. Makin hari makin tenang dan makin padu hingga Jepang yang udah unggul 2-0 pun bisa dilibas 3-2. Dan korban berikutnya adalah Brazil yang bertabur bintang, kalah 2-1.
 
Tim Perancis nyaris rata terbagi oleh pemain liga Inggris, liga Perancis, liga Spanyol. liga Jerman. Masing-masing liga memiliki kebiasaan tersendiri. Ini bukan barang mudah menyatukan kebiasaan.
 
Buktinya tak banyak gol yang dihasilkan oleh Perancis. Melawan Australia menang 2-1, melawan Peru menang 1-0, melawan Denmark seri 0-0. Banyak gol terjadi saat melawan Argentina, 4-3 di babak 16 besar. Uruguay dilibas dengan 2-0 di Perempat Final.
 
Tim Perancis seperti mesin diesel, panasnya lambat, tapi kalau sudah panas, melaju jauh lebih kencang. Sedangkan tim Belgia seperti mesin bensin, panas sejak awal. Tinggal siapa yang ketemu hambatan terlebih dahulu dan akhirnya terpaksa mengerem dan berhenti.
 
Di lini depan, Perancis lebih kaya daripada Belgia. Perancis bisa bertumpu kepada Mbapee, Griezman dan Giroud. Griezman dan Mbapee berpeluang mencetak gol terbanyak di Piala Dunia kali ini. Sedangkan Belgia, sepertinya hanya bertumpu kepada Lukaku di lini depan.
 
Di lini tengah, Belgia lebih memiliki variasi pemain daripada Perancis. Ada Felaini, de Bruyne, Eden Hazard, dan dilapis keduanya tak kalah menarik, ada Dembele, Youri Tielemans, Axel Witsel. Sedangkan di Perancis, Pogba menjadi tumpuan bersama Kante dan Matuidi.
 
Di lini belakang, sepertinya sama kuatnya. Di Perancis ada Varane, Hernandez dan Pavard yang bermain bagus. Di Belgia, ada Kompany, Vermaelen, Meunier. Kiper dari kedua negara juga sama kuat.
 
Melihat dari konsistensi permainan selama Piala Dunia 2018 dan kerjasama tim saya memilih Belgia. Kalau melihat dari susunan pemain dan akselerasi “mesin” saya memilih Perancis.
 
Dalam 90 menit, saya berharap Belgia yang menang. Tapi jika memasuki babak tambahan dan adu pinalti, Perancis yang akan menang.
 
Tapi bola itu bundar. Segala kemungkinan masih bisa terjadi.
 
Aryo | Redaksi Suara Demokrasi
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *