Penyelenggaraan Asian Games Menurut Bapenas Mampu Menguatkan Nilai Rupiah

Nilai tukar rupiah

SuaraDemokrasi.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memberikan penilaian penyelenggaran Asian Games mampu menguatkan nilai rupiah tukar rupiah terhadap dolar AS.

Menurut Bambang penyelenggaraan Asian Games telah sesuai dengan strategi pemerintah untuk membantu penguatan rupiah. Demikian seperti yang dikatakan Bambang Brodjonegoro pada diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Minggu (29/7) kemarin.

Dijelaskan pula oleh Bambang bahwa dengan adanya penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus – 2 September 2018 ini akan meningkatkan jumlah wisatawan luar negeri ke Indonesia.

Diperkirakan ada 200 ribu wisatawan mancanegara yang akan hadir pada perhelatan ajang olahraga se-Asia pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di dua kota penyelenggaran, yaitu Jakarta dan Palembang.

Kedatangan para turis asing ini menurut Bambang mampu menambah devisa yang sangat bermanfaat untuk stabilitas kurs rupiah terhadap dolar.

Ditambahkan oleh Bambang penambahan jumlah devisa ini jika tidak dari ekspor salah satunya juga dari sektor pariwisata. Maka dari itu, Bambang mengatakan bahwa sebaiknya tidak hanya menjadi tuan rumah yang baik saja, namun juga bisa berupaya sekuat tenaga untuk memberikan dampak ekonomi yang maksimal.

Sebelumnya, Kementrian Pariwisata juga telah memproyeksikan ada 150 ribu wisatawan asing yang di dalamnya termasuk atlet, official, serta media asing yang akan hadir ke Indonesia Agustus hingga September nanti.

Wisawatan-wisatawan asing tersebut secara keseluruhan telah menyimbang 230 juta dolar AS yang komposisinya terdiri dari penonton 180 juta dolar AS dan devisa dari official sekitar 50 juta dolar AS.

Pada penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak hanya masuknya devisa saja, yang mampu memberikan nilai tambah, tapi sejumlah sarana dan prasarana yang mendukung.

Nilai tambah itu di antaranya pembenahan infrastruktur umum, pembangunan fasilitas olahraga baru serta perbaikan dan penataan kota.

Di dalamnya juga disertakan nilai ekonom, yakni meningkatnya kesempatan kerja dan usaha terutama bagi sektor UMKM dan promosi kota penyelenggaraan.

Ada juga potensi non ekonomi yang di dalamnya adalah semangat kebersamaan, kerjasama antarwilayah dan negara, ide baru yang berkembang, dan nilai positif budaya dan pendidikan nilai-nilai sportivitas.

(sumber : https://www.antaranews.com/berita/731161/bappenas-nilai-asian-games-bantu-penguatan-rupiah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *