Pemkab Kulon Progo Didesak untuk Menyelesaikan Pembebasan Lahan Bandara yang Tersisa

Masterplan bandara Kulon Progo

SuaraDemokrasi.com – Presiden Joko Widodo meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta untuk segera menyelesaikan pembebasan lahan New Yogyakarta International Airport milik 30 kepala keluarga yang masih bertahan.

“Presiden Joko Widodo mengharapkan agar 30 orang segera bisa diatasi dengan cepat dan sebaik-baiknya. Demikian arahan beliau kepada saya,” kata Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Kamis (5/7).

Hasto juga mengakui bahwa pertemuannya selama tiga jam dengan presiden membahas masalah perkembangan proyek NYIA di Temon beserta kendala yang menyertainya. Termasuk, masih adanya sikap penolakan dari sekitar 30 KK warga yang terdampak pembangunan dan hingga saat ini masih bertahan untuk tinggal di area lahan pembangunan.

Proyek NYIA adalah salah satu proyek strategis nasional di bawah Kabinet Kerja. Pada awal 2017, Presiden Jokowi yang memimpin seremoni babas alas atau penanda dimulainya proses awal pembangunan bandara internasional tersebut.

NYIA sendiri ditargetkan untuk beroperasi pada 2019 dan proses pembangunannya diharapkan tidak maju mundur atau molor. Keberadaan NYIA ini diyakini akan menjadi pintu gerbang Yogyakarta untuk menyambut wisatawan dan memajukan perekonomian masyarakat.

“Presiden tidak membicarakan permasalahan hingga ke masalah teknis. Namun, tentu saja teknis itu ada di bawah kewenangan pemerintah daerah,” kata Hasto.

Selain masalah penolakan warga, lanjut Hasto, Presiden Jokowi berpesan supaya Pemkab membantu untuk masalah persertifikatan tanah untuk rakyat. Jika diperlukan, dianggarkan melalui APBD, sehingga status kepemilikan tanah untuk masyarakat bisa terlayani.

“Tidak hanya yang relokasi saja, melainkan untuk semuanya,” kata Hasto.

(sumber berita : https://www.antaranews.com/berita/724540/pemkab-kulon-progo-diminta-selesaikan-pembebasan-lahan-bandara-tersisa)
(sumber foto : https://asset.kompas.com/crop/87×0:672×390/750×500/data/photo/2014/06/10/2216051bandara-baru-yogya780x390.jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *