Menurut Hasil Survei 66 Persen Bank di Indonesia Terapkan Strategi Digital

Digitalisasi perbankan

SuaraDemokrasi.com – Mayoritas bank di Indonesia kini telah memanfaatkan teknologi digital sebagai bagian dari strategi perusahaan.

Menurut hasil survei perbankan digital yang dilakukan Pricewaterhouse Coopers (PwC) Indonesia, terhadap bank-bank di Indonesia, sebanyak 66 persen responden yang merupakan bankir eksekutif senior di lembaga-lembaga perbankan Indonesia telah mengembangkan strategi digital pada strategi perusahannya.

Adapun digitalisasi yang dilakukan ini dikarenakan adanya disrupsi digital yang telah memasuki dunia perbankan. Maka dari itu, sejumlah bank di Indonesia sangat mempertimbangkan jalur digital sebagai bagian dari strategi perusahaannya.

Para bankir yang terlibat pada survei ini berasal dari BPD, bank-bank joint venture, bank lokal, bank syariah, dan bank BUMN.

Sedang hanya 12 persen responden memberikan indikasinya mengenai strategi digital yang diciptakan merupakan bagian dari strategi teknologi informasi.

Dan 16 persen responden lain, mengaku telah menggunakan strategi digital sebagai bagian dari strategi produk atau nasabah.

“Dari survei tersebut, bisa dilihat bahwa hanya 4 persen responden yang mengindikasikan bahwa mereka telah memiliki dokumen strategi digital yang terpisah dan berdiri sendiri,” sebut Technology and Risk Consulting Leader PwC Indonesia, Chairil Tarunajaya, Selasa (10/7).

Adanya respon yang muncul pada survei itu telah menunjukkan, bahwa strategi digital tak lagi dipakai untuk inisiatif IT saja, melainkan juga menjadi salah satu strategi usaha.

Dijelaskan juga oleh Chairil, strategi digital yang dikembangkan ini merupakan bagian dari strategi perushaaan dari industri perbankan yang tanpa halangan.

Menurut hasil survei kembali, hanya 38 persen dari bank BUMN dan 44 persen dari bank Bku 4 yang telah memasukkan strategi digital sebagai bagian dari strategi perusahaan.

“Hal ini mungkin menjadi indikasi bahwa bank-bank besar telah memulai perjalanannya untuk menuju transformasi digital. Namun, masih ada tantangan-tantangan lain di dalam mengembangkan pandangan yang sama mengenai strategi digital perbankan,” tegasnya.

(sumber berita : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/172224026/survei-66-persen-bank-di-indonesia-terapkan-strategi-digital)
(sumber foto : https://marketing.co.id/wp-content/uploads/2016/07/fintech-1.png)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *