Kembali Ke Desa [Kolom Syauqi]

SuaraDemokrasi.com – Membersamai para petani dan pengurus MEK PDM Klaten, menghadiri panen raya padi organik binaan dari Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah dan bantuan dari LAZISMU PP Muhammadiyah, pada hari Sabtu 14 Juli 2018 pukul 9 pagi di Desa Gempol, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

Ngobrol ringan di tengah sawah tentang berbagai hal, mulai dari teknologi pascapanen hingga profil dan daya beli pasar terhadap produk para petani binaan. Kemampuan para petani setempat yang mampu menghasilkan produksi beras organik berton-ton perbulan, cukup untuk menjadi modal awal diseriusinya tata niaga beras dan sembako lain, baik untuk pasar internal Muhammadiyah maupun untuk pasar yang lebih luas.

Dengan binaan teknis budidaya dari Majelis Pemberdayaan Masyarakat, bantuan pembiayaan dari LazisMu dan akses pemasaran dari Majelis Ekonomi Kewirausahaan, rasanya pola dukungan terhadap para petani akan lebih lengkap dan pemenuhan kebutuhan pangan warga persyarikatan dapat diharapkan terwujud lebih cepat.

Dan lebih besar dari itu, hal ini juga menunjukkan bahwa ketahanan pangan yang menjadi harapan seluruh anak bangsa, dapat terbentuk dengan melibatkan partisipasi dan kearifan lokal masyarakat, di mana pun kita berada.

Desa mawa cara, negara mawa tata.
Semoga ridhaNya menyertai ikhtiar kita semua.

Penulis :
Ahmad Syauqi Soeratno
Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah

#kembalikedesa
#daulatpangan
#indonesiaberkemajuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *