Kapal Feri Lestari Maju Sengaja Ditenggelamkan Bukan Karena Tenggelam

Kapal feri Lestari Maju

SuaraDemokrasi.com – Kementrian Perhubungan menyatakan telah sengaja mengandaskan kapal feri KM Lestari Maju dan bukan tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7).

“Laporan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukamba menyebutkan bahwa kapal feri itu kemasukan air yang diakibatkan cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan mudah untuk melakukan evakuasi bagi para penumpangnya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Agus H Purnomo dalam siaran persnya, Selasa.

KM Lestari Maju dikabarkan sebelumnya tenggelam di perairan Selayar pada sekitar pukul 14.00 Wita.

Agus kembali menjelaskan, bahwa kapal yang berpenumpang 139 orang ini dinakhodai Agus Susanto. Saat itu kapal sedang berlayar menuju Pelabuhan Pamatata dan dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.

Saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi Basarnas. Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi dan sebagian lagi masih berada di kapal.

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Surabaya mengerahkan satu kapal patrolo KNP Chundamani untuk memberikan bantuan evakuasi penumpang kapal Lestari Maju.

Selain mengangkut penumpang, KM Lestari Maju juga membawa total 48 kendaraan, yang terdiri dari 18 kendaraan roda dua, 14 kendaraan roda empat, 8 kendaraan golongan lima, dan 8 kendaraan golongan enam.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa KM Lestari Maju dilaporkan telah tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Menurut manisfes kapal tersebut mengangkut 139 penumpang.

Dari laporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang dibagikan Sutopo lewat pesan digitalnya, kendaraan yang diangkut oleh kapal feri Lestari Maju ini terdiri dari 18 kendaraan unit golongan II, 14 unit golongan IV, 1 unit bus golongan V, 7 unit truk golongan V, 1 unit bus golongan VI, dan 7 unit truk golongan VI.

Saat itu, KM Lestari Maju yang sedang berlajar menuju Kabupaten Selayar dilaporkan mengalami kecelakaan dan ditenggelamkan pada Selasa (3/7) pukul 14.00 Wita. Diperkirakan kecelakaan yang terjadi, pada lambung kiri kapal terjadi kebocoran sehingga harus dikandaskan supaya memudahkan proses evakuasi.

(sumber berita : https://regional.kompas.com/read/2018/07/03/18483171/kemenhub-kapal-feri-lestari-maju-sengaja-dikandaskan-bukan-tenggelam)
(sumber foto : http://cdn2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/kapal-tenggelam-di-selayar_20180703_155656.jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *