Dakwaan Korupsi Mantan PM Malaysia

Suarademokrasi.com – Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak didakwa korupsi oleh pengadilan pada Rabu (7/4/2018) sebab menerima uang suap jutaan dollar. AFP melaporkan, Najib menjadi mantan perdana menteri Malaysia yang kesatu diseret ke meja hijau. Dia dikenai tiga dakwaan atas pelanggaran kriminal kepercayaan sebab menerima dana senilai 42 juta ringgit atau sekitar Rp 149 miliar dan satu dakwaan karena menerima gratifikasi. Masing-masing dakwaan dapat membawa Najib tinggal di balik jeruji sampai 20 tahun penjara.

Najib didakwa oleh hakim berkaitan dengan skandal perusahaan 1MBD yang didirikannya semasa masih menjabat. Dia menerima aliran dana senilai 42 juta ringgit dari SRC Internasional. SRC ialah sebuah perusahaan energi yang tadinya adalahanak perusahaan dari 1MDB. Selama sidang berlangsung, tidak terdapat pembelaan yang disampaikan. Namun, Najib terlihat mengangguk ketika dakwaan dibacakan. Di dalam ruang persidangan, tampak anak-anak Najib seperti putra tirinya, Riza Aziz, yang pada Selasa lalu diinterogasi oleh Komisi anti-korupsi Malaysia. Pada pukul 10.16 waktu setempat, Najib keluar dari ruang persidangan.

Dilansir dari The Star Online, ratusan pendukung Najib, termasuk putranya, Mohd Nizar, berada di kompleks Pengadilan Kuala Lumpur guna memberikan dukungan kepadanya. Nizar enggan berkata ke media. Dilaporkan sebelumnya, Najib yang terlihat lelah dijaga oleh sekitar 20 petugas polisi ke ruang sidang dengan keamanan ketat. Dia diangkut ke pengadilan kurang dari sehari, setelah diciduk di lokasi tempat tinggal mewahnya. Pria berusia 64 tahun tersebut disebut sebagai mantan perdana menteri Malaysia yang pertama diseret ke meja hijau.

“Najib adalah perdana menteri (mantan) pertama yang pernah dituntut di pengadilan sepanjang sejarah Malaysia,” kata Tian Chua, wakil presiden Parti Keadilan Rakyat, partai politik penting dalam koalisi yang berkuasa saat ini. “Ini menandakan era baru, di mana tidak seorang pun di kantor publik akan kebal dari tindakan hukuman jika mereka menyalahgunakan kekuasaan,” tambahnya.

Sumber dan foto : https://internasional.kompas.com/read/2018/07/04/10231481/mantan-pm-malaysia-didakwa-korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *