China Ajak Uni Eropa Bersatu Lawan Amerika Dalam Perang Dagang

China mendorong Uni Eropa (UE) untuk keluarkan pernyataan bersama melawan kebijakan perdagangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada KTT akhir bulan ini. Meski demikian menurut pejabat Eropa, upaya China untuk mendapatkan sekutu dalam perang dagang menghadapi AS mendapatkan perlawanan dari banyak pihak.

Seperti yang dilansir Reuters, Rabu (4/7/2018) dalam pertemuan di Brussels, Berlin dan Beijing, pejabat-pejabat senior China, di antaranya adalah diplomat pemerintah China, Penasihat Negara Wang Yi dan Wakil Perdana Menteri Liu He, telah mengusulkan kerjasama antara dua kekuatan ekonomi. Mereka juga menawarkan untuk membuka lebih besar lagi pasar di China sebagai sinyal baik untuk bekerjasama.

Usulan yang diajukan China kepada Uni Eropa salah satunya adalah meluncurkan aksi bersama-sama melawan Amerika Serikat di Organisasi Perdagangan Dunia. Tetapi Uni Eropa sebagai blok perdagangan terbesar di dunia, menolak ide bersekutu dari Beijing melawan Washington. Perihal ini disampaikan oleh lima pejabat dan diplomat UE menjelang pertemuan tingkat tinggi Tiongkok-Eropa di Beijing pada 16-17 Juli.

Sebaliknya, KTT tersebut diharapkan menghasilkan kesepakatan yang mudah dipahami dan menegaskan komitmen China dan Uni Eropa terhadap sistem perdagangan multilateral serta berjanji untuk membentuk satu kelompok kerja untuk membuat WTO menjadi modern, kata para pejabat Uni Eropa.

Wakil Perdana Menteri China menyampaikan secara pribadi bahwa negaranya siap untuk menetapkan sektor apa saja yang dapat dibuka untuk investasi Eropa pada KTT tahunan. KTT Tahunan iharapkan akan dihadiri oleh Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri China Li Keqiang dan pejabat tinggi Uni Eropa.

Sementara media pemerintah China telah gencar menyampaikan pesan bahwa Uni Eropa berada di pihak mereka dan hal ini ditegaskan para pejabatnya. Hal ini membuat UE berada pada posisi yang rumit. “China ingin Uni Eropa berdiri bersama dengan Beijing melawan Washington, untuk memihak. Kami tidak akan melakukannya dan telah memberi tahu mereka hal itu,” kata seorang diplomat Eropa.

Kementerian Luar Negeri China tidak menanggapi pernyataan diplomat Eropa tersebut dan lebih fokus mengomentari tujuan KTT Beijing. Dalam komentar pada hari Rabu, kantor berita resmi China Xinhua mengatakan China dan Eropa “harus melawan proteksionisme perdagangan dengan bergandengan tangan”. “China dan negara-negara Eropa adalah mitra alami,” katanya. “Mereka dengan tegas percaya bahwa perdagangan bebas adalah mesin yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi global.”

Sumber berita : https://ekbis.sindonews.com/read/1318741/35/perang-dagang-china-ajak-uni-eropa-bersekutu-lawan-as-1530685222 | Sumber  foto : Photo by ming chen on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *