Akhirnya Kemominfo Memblokir Aplikasi Tik Tok

Aplikasi Tik Tok

SuaraDemokrasi.com – Sebanyak 8 DNS (Domain Name System) Tik Tok telah diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membenarkan telah melakukan pemblokiran terhadap aplikasi tersebut.

“Iya, Tik Tok sudah diblokir siang tadi,” ujarnya ketika ditemui wartawan.

Menurut informasi yang didapat, sejak siang tadi, Selasa (3/7) Kementrian Komunikasi dan Informatika telah memblokir delapan DNS Tik Tok.

Selama sebulanan terakhir, Kominfo terus mengawasi maraknya aplikasi Tik Tok ini. Dan juga telah menerima laporan dari masyarakat yang jumlahnya 2.853 laporan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyatakan alasannya memblokir Tik Tok karena banyaknya konten negatif di dalamnya.

“Ada banyak konten yang negatif, terutama bagi anak-anak,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (3/7).

“Ada yang tak senonoh, tidak mendidik, dan pokoknya itu tidak pantas untuk anak-anak.”

Diakui oleh Rudiantara bahwa dirinya juga telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), mengingat ada banyaknya pengguna Tik Tok ini adalah anak-anak.

Selama sebulan terakhir, Kominfo terus melakukan pengawasan terhadap Tik Tok serta menerima laporan dari masyarakat.

Selain itu, ada juga petisi di situs change.org yang meminta Kemenkominfo untuk melakukan pemblokiran terhadap aplikasi Tik Tok ini. Dari pantauan awak media, sekitar pukul 18.00 WIB tadi, salah satu petisi yang memiliki 124 ribu pendukung, dan hingga saat ini masih terus bertambah.

Lebih lanjut dikatakan Rudiantara, bahwa Kominfo selalu melakukan pendekatan yang serupa dengan yang pernah dilakukan terhadap platform Bigo.

“Saat itu Bigo merespon cepat. Ada sekitar 40 orang membersihkan konten Bigo untuk Indonesia hingga sekarang, oleh karena itu dibuka kembali.” ujarnya.

Rudiantara menyebut, jika Tik Tok juga membersihkan konten-kontennya dan memberikan jaminan untuk terus menjaga kebersihan kontennya, maka Kemenkominfo akan segera membuka aksesnya lagi di Indonesia.

Hingga saat ini, Kemenkominfo juga mengklaim belum mendapatkan tanggapan dari pihak Tik Tok, terkait pemblokirannya ini.

(sumber berita : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180703173156-185-311165/tik-tok-diblokir-kominfo)
(sumber foto : https://www.ngopibareng.id/imagecache/l-20180703183913tik-tok-blokir.jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *