Wiranto Menjamin RKUHP Tidak Akan Melemahkan KPK

Menkopolhukam Wiranto

SuaraDemokrasi.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto memberikan jaminan bahwa revisi terhadap KUHP tidak akan melemahkan KPK. Kemarin Rabu (6/6), di Jakarta Wiranto menyatakan masuknya delik korupsi dalam RUU KUHP tidak akan meleburkan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi yang menjadi acuan KPK.

“Orang menyangka bahwa mengenai aturan pidana khusus akan mandul dan tidak berlaku setelah dimasukkan ke dalam RUU KUHP itu salah. Aturan khusus itu tetap berlaku,” tegas Wiranto.

Wiranto juga menjelaskan bahwa secara kelembagaan, KPK tetap aktif dan tidak ada pelimpahan tugas ke pihak lain. Bahkan proses peradilan kasus korupsi juga tetap berlangsung seperti sebelumnya.

“Adanya delik-delik pidana khusus dalam RUU KUHP itu hanya sebagai pelengkap ketika dilaksanakan konsolidasi hukum, modifikasi, atau integrasi hukum,” terangnya.

Menurutnya kembali, hal tersebut tidak hanya berlaku pada delik korupsi saja. Melainkan juga aturan-aturan yang menyangkut pidana khusus lainnya seperti terorisme, narkotika, pelanggaran berat, pencucian uang.

Sebelumnya Wiranto menggelar rapat koordinasi terbatas dengan para pemangku kepentingan dari pihak pemerintah yang turut menyusun RUU KUHP.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, Menteri Kehakiman pada masa kabinet Reformasi Pembangunan Muladi, serta beberapa perumus RUU KUHP nampak hadir dalam pertemuan tersebut.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/716527/wiranto-jamin-revisi-kuhp-tak-akan-lemahkan-kpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *