Tarif Tol JORR Naik Rp 15.000 Mulai 20 Juni 2018

Tol Jorr

SuaraDemokrasi.com – Badan Pengatur Jalan Tol Kementrian PUPR kembali melakukan perubahan tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) mulai tanggal 20 Juni pukul 00.00 WIB.

Pada perubahan ini, nantinya kendaraan golongan 1 yang terdiri dari sedan, jip, pick up/ truk kecil, dan bus dikenakan kenaikan tarif sebesar Rp 15.000, sedangkan golongan 2 dan 3 tarifnya dinaikkan menjadi Rp 22.500, dan untuk golongan 4 dan 5 naik sebesar Rp 30.000.

Sebelumnya untuk tarif tol JORR golongan I sebesar Rp 9.500, golongan II Rp 11.500, golongan III sebesar Rp 15.500, golongan IV sebesar Rp 19.000, dan golongan V sebesar Rp 23.000.

Perubahan tarif yang dilakukan BPJT kementrian PUPR ini berlaku di ruas-ruas tol JORR seperti Penjaringan-Kebon Jeruk, Kebon Jeruk-Ulujami, Ulujami-Pondok Pinang, dan Pondok Pinang-TMII.

Selain itu, untuk Tol TMII-Cikunir, Cikunir-Cakung, Cakung-Rorotan, jalan tol yang menuju Tanjung Priok, Rorotan-Kebon Bawang, dan Pondok Aren-Bintaro, Viaduct-Ulujami juga mengalami perubahan tarif tol tersebut.

Adanya perubahan tarif tol tersebut telah oleh BPJT bersama para pengelola tol JORR untuk menambah waktu sosialisasi supaya makin banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, terjadinya integrasi tarif ini dilakukan untuk beberapa tujuan.

Tujuan pertama yakni mendorong kendaraan angkutan barang untuk mematuhi aturan muatan serta dimensi.

Selama ini biaya pemeliharaan jalan ditanggung oleh BPJT lebih besar. Hal itu terjadi karena banyaknya pelanggaran yang dilakukan kendaraan-kendaraan atau truk angkutan barang.

“Pendapatan yang didapat dari gerbang tol sekarang memang lebih besar, namun biaya perbaikan dan pemeliharaan jalan juga lebih besar,” ujar Herry seperti yang diberitakan beberapa media pada Senin (11/6).
Selanjutnya untuk tujuan kedua, yaitu waktu tempuh yang dijalani para pengguna jalan tol menjadi lebih singkat.

Pasalnya gerbang tol yang dilewati berkurang. Hal itu juga berkaitan dengan sistem transaksi yang masih simpel.

“Waktu tunggu di gerbang tol yang seharusnya tidak terjadi bisa dikurangi, sehingga pengguna tidak perlu untuk menunggu waktu lama,” tambahnya.

(Sumber : https://properti.kompas.com/read/2018/06/12/233922421/mulai-20-juni-tarif-tol-jorr-naik-jadi-rp-15000)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *