Peta Kemenangan Parpol pada Pilkada 2018 di 15 Provinsi

Pilkada 2018

SuaraDemokrasi.com – Pemilihan Kepala Daerah serentak dilakukan di 171 daerah di Indonesia pada Rabu (27/6/2018). Pelaksanaan pilkada serentak itu terbilang sukses.

Meski penghitungan suara secara real time oleh Komisi Pemilihan Umum belum juga final dilakukan, sejumlah lembaga survei telah memberikan gambaran akan pasangan calon kepala daerah mana yang memenangkan pilkada serentak 2018.

Gambaran itu diketahui dari hasil hitung cepat atau quick count. Dari hasil quick count itu dilihat dari sejumlah partai yang bisa dikatakan sukses menjadi pengusung pasangan calon pada pilkada serentak 2018.

Nampak partai Nasdem yang diketuai Surya Paloh mendapatkan banyak kemenangan pada pilkada serentak di tingkat provinsi. Ketua umumnya, Surya Palloh mengklaim akan memenangi di 11 provinsi.

Dari pantauan awak media, pasangan yang diusung partai Nasdem nampak sukses di 10 provinsi. Hasil itu juga menjadi catatan bahwa hingga Rabu malam, hasil dari pilkada Papua 2018 belum diketahui. Dimana daerah tersebut juga menjadi daerah yang menjadi klaim Surya Palloh akan dimenanginya.

Selanjutnya menyusul Nasdem, ada partai PAN dan Hanura yang masing-masing menang di 9 dan 8 provinsi. Tentu saja, jumlah itu mengesampingkan hasil pilkada Papua dan Maluku Utara yang memang belum diketahui hasilnya.

Meskipun sukses memenangi pilkada di sejumlah wilayah, hal itu tidak berarti Nasdem, PAN, dan Hanura sukses menempatkan kadernya sebagai kepala daerah.

Partai Nasdem hanya menempatkan kadernya yakni Ali Mazi dan Viktor Laiskodat sebagai gubernur.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Palloh mengatakan bahwa hasil quick count di beberapa lembaga survey saat ini telah melebihi target yang ditetapkan partainya di pilkada serentak 2018.

Dari 17 provinsi, pasangan calon yang diusung partai Nasdem terlihat unggul di 11 provinsi. Sementara Nasdem menargetkan menang di 10 provinsi.

“Ada 11 yang menang, melebihi sedikit. Target cukup 10 provinsi,” ujar Paloh ketika ditemui di DPP Partai Nasdem, Jakpus, Rabu (27/6).

Menurut Paloh, selain melakukan strategi, kajian, serta pendekatan rasional, politik tanpa mahar juga yang menjadi faktor kemenangan pasangan calon yang diusung partai Nasdem.

Tidak hanya Pemilihan Gubernur, Paloh juga meyakini bahwa Partai Nasdem juga mengklaim akan unggul di tingkat kabupaten/kota pada pilkada serentak 2018.

(sumber berita : https://nasional.kompas.com/read/2018/06/28/05370061/ini-peta-kemenangan-parpol-dalam-pilkada-2018-di-15-provinsi)

(sumber foto : https://static.viva.co.id/thumbs3/2018/06/27/5b3316cb616b6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *