Pengawas Nuklir PBB Siap Melakukan Inspeksi ke Korea Utara

SuaraDemokrasi.com – Pengawas nuklir PBB menyatakan siap untuk melakukan inspeksi ke Korea Utara. Inspeksi ini rencananya akan dilakukan dalam beberapa pekan depan. Bila kesepakatan telah tercapai di dalam pertemuan tingkat tinggi Amerika Serikat dengan Korea Utara di Singapura pada 12 Juli mendatang.

“Kami bisa melakukan persiapan untuk verifikasi dalam waktu singkat, bukan bulan, namun beberapa minggu saja,” demikian kata Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukoya Amano kepada wartawan pada Senin (4/6).

Pernyataan yang dikeluarkan Amano ini menyusul persiapan pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un yang terus dilakukan.

“Kami selalu dan terus melakukan kontrak dengan para pemangku kepentingan serta telah melakukan sejumlah kesepakatan mengenai masalah ini.”

“Terlihat sangat jelas bahwa ada pihak serta organisasi yang bisa melakukan verifikasi maka itu adalah kami,” demikian lanjut Amano seperti yang dilansir oleh AFP.

Di tahun 2009 silam, Pyongyang telah mengusir paksa para pemeriksa IAEA dari situs nuklir Korea Utara, di Yongbyon.

Sejak saat itu, Korea Utara selalu menolak untuk mengizinkan para petugas IAEA melakukan inspeksi di wilayahnya.

Namun, di dalam pertemuan tingkat tinggi yang berlangsung antara pemimpin AS dan Korut di Singapura, Juli mendatang diharapkan menjadi suatu titik balik mengenai masalah denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Pada pertemuan tersebut juga memberikan harapan menjadi pertemuan bersejarah yang baru pertama kali terjadi di antara kedua pemimpin tersebut. Sehingga akan dicapai sebuah kesepakatan yang arahnya positif demi tercapainya denuklirisasi.

(Sumber : https://internasional.kompas.com/read/2018/06/04/23423381/pengawas-nuklir-pbb-siap-lakukan-inspeksi-ke-korea-utara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *