Penandatanganan Kesepakatan Denuklirisasi oleh Trump dan Kim

Donald Trump dan Kim Jong Un

SuaraDemokrasi.com-Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un sepakat untuk menandatangani dokumen bersama di Hotel Capella, Singapura pada Selasa (12/6).

Pada dokumen bersejarah ini merupakan jalan bagi Korut untuk memulai denuklirisasi dengan segera.

Setelah makan siang bersama, kedua pemimpin negara itu duduk bersama untuk menandatangani dokumen yang disebut dengan perjanjian komprehensif oleh Trump.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kedua pihak, termasuk Menteri Pompeo sebagai menteri luar negeri AS. Hal ini sangat luar biasa,” kata Trump kepada awak media ketika menandatangani dokumen tersebut.
Trump juga sempat menunjukkan dokumen yang ditandatangani keduanya.

Setelah usai menandatangani, keduanya kembali berjabat tangan dan meninggalkan ruangan.

“Kami bangga dengan apa yang telah terjadi hari ini,” ucap Trump lagi.

Sebelumnya, Trump dan Kim Jong Un telah bertemu secara empat mata. Pada tatap muka selama 38 menit, Trum dan Kim didampingi oleh penerjemah.

Setelah keluar dari ruangan menuju ruangan lainnya, keduanya menyapa awak media dari balkon hotel Capella.

“Sangat, sangat baik. Hubungan yang luar biasa,” katanya, pada Selasa (12/6).

Selanjutnya antara Trump dan Kim melakukan pertemuan bilateral bersama penasihat mereka. Kemudian diteruskan dengan penandatanganan dokumen bersama.

Sebelumnya di acara makan siang antara keduanya, Trump didampingi delegasi AS yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Sementara itu delegasi yang mendampingi Kim Jong Un adalah Wakil Ketua Komite Sentral Partai Buruh Korea Kim Yong Chol, dimana dirinya yang memiliki wewenang untuk menentukan kebijakan luar negeri dan strategi pertahanan bagi negara itu,.

Hadir juga wakil ketua komite sentral, Ri Su Yong, menteri luar negeri Ri Yong Ho, dan Menteri Angkatan Bersenjata Rakyat No Kwang Chol.

Presiden Trump bertemu pemimpin Korut Kim Jong Un di Hotel Capella, Pulau Sentosa pada Selasa (12/6) sejak pukul 09.00 waktu setempat untuk melakukan agenda pertemuan berprofil tinggi.

Pada pertemuan itu salah satunya untuk membahas masalah denuklirisasi Korut.

(Sumber : https://internasional.kompas.com/read/2018/06/12/13422971/trump-dan-kim-jong-un-menandatangani-kesepakatan-denuklirisasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *