Nikmati Tol Gempol-Pasuruan yang Masih Fungsional Namun Rasa Operasional

Tol Gempol - Pasuruan

SuaraDemokrasi.com – Pantauan dari Tim Merapah Trans Jawa ketika menyusuri tol Gempol-Pasuruan Seksi II sudah terlihat mulus ruas tol tersebut. Ruas tol ini menurut Dirut Teknik PT. Jasamarga Gempol Pasuruan, Ari Wibowo telah siap untuk dioperasikan. Pasalnya hal ini telah melalui uji laik fungsi.

“Kami saat ini tinggal menunggu sertifikasi laik fungsi dan operasi,” demikian kata Ari.

Saat ini pekerjaan minor yang tersisa, menurut Ari adalah pembangunan rest area di KM 6 pada jalur A dan B. Kondisi demikian, saat mudik lebaran esok, ruas tol ini sudah siap untuk digunakan oleh para pemudik, baik dari arah Banyuwangi maupun Surabaya.

“Saat ini kami masih menunggu rekomendasi dari pihak yang berwenang apakah akan dibuka H-7 atau H-10. Namun pada intinya kami sudah sangat siap,” tambah Ari.

Fungsionalnya tol Gempol – Pasuruan Seksi II ini, para pemudik nantinya bisa keluar dan melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol Pasuruan sekaligus akses yang lebih dekat ke kota Pasuruan.

Bila terjadi kepadatan di jalan akses Pasuruan dimana antreannya bisa mencapai 2 km sebelum gerbang, maka para pengguna tol dari Gempol akan diarahkan keluar ke gerbang tol Rembang.

Tol Gempol – Pasuruan ini dirancang dibuat sepanjang 34,15 km yang menghubungkan daerah Gempol dan Pasuruan. Jalan tol ini adalah bagian dari jalan tol yang menghubungkan antar kota utama di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi dan Surabaya.

Mengenai total investasinya untuk pembangunan proyek tol Gempol-Pasuruan ini mencapai Rp 4,03 triliun dimana PT Jasamarga Gempol Pasuruan sebagai pemegang konsesi.

Pada Badan Usaha Jalan Tol itu, PT Jasamarga yang memegang porsi saham mayoritas sebesar 80% dan 20% sisanya dimiliki oleh PT Jatim Marga Utama.

Seksi I yaitu Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km telah beroperasi sejak tahun 2017 yang jalurnya dari Simpang Susun Gempol hingga gerbang tol Rembang. Sementara untuk Seksi III Pasuruan – Grati sepanjang 13.65 km saat ini masih dalam konstruksi yang progresnya baru mencapai 24,2 persen.

(Sumber : https://properti.kompas.com/read/2018/06/07/091945921/tol-gempol-pasuruan-fungsional-rasa-operasional)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *