Menkumham : Akui Telah Menolak Visa 53 Warga Negara Israel yang Akan Masuk ke Indonesia

Menkumham Yasona Laoly

SuaraDemokrasi.com – Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly mengakui bahwa pihak imigrasi telah menolak sebanyak 53 visa dari warga negara Israel yang ingin masuk ke Indonesia.

Menurut pengakuan Menkumham, bahwa beberapa hari ini setidaknya ada 53 warga negara Israel yang telah ditolak visanya oleh pihak imograsi. Demikian seperti yang telah diungkapkan Yasonna ketika ada di Gedung Kementrian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Penolakan yang dilakukan pihak imigrasi terhadap 53 warga negara Israel tersebut secara rinci tidak dijelaskan alasannya mengapa visa mereka ditolak. Hanya saya, Yasonna juga menuturkan bahwa, penolakan tersebut didasarkan pada proses clearing imigrasi.

“Mengapa apa alasannya dilakukan penolakan tersebut, kami tidak dapat menyampaikannya karena masalahnya terlalu sensitif,” ujar Yasonna menambahkan.

Namun, secara pasti, penolakan visa warga negara asing tersebut merupakan wewenang sebuah negara. Dimana wewenang tersebut didasarkan pada adanya standar pertahanan dan keamanan negara tersebut.

“Apa yang dilakukan itu, merupakan wewenang kita sebagai negara. Tentu masing-masing negara memiliki wewenang dan merupakan kedaulatannya untuk menerima dan menolak visa warga negara lain,” tambahnya.

Sebelumnya juga diberitakan bahwa Israel melarang turis asal Indonesia untuk masuk Israel per 9 Juni 2018. Kebijakan tersebut ditengarai sebagai bentuk balasan atas pelarangan turis Israel masuk Indonesia. Pemerintah Israel sendiri menyebut, bahwa turis Indonesia masih bisa masuk ke Israel hingga tanggal 9 Juni. Setelah tanggal 9 Juni, maka turis Indonesia yang ingin masuk Israel baik secara individu maupun kelompok tidak akan bisa masuk.

Indonesia dan Israel diketahui hingga saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik. Namun, untuk masalah pariwisata khususnya wisata religi, turis Indonesia memiliki visa khusus. Mengenai pelarangan WNI yang masuk ke Israel, Indonesia tidak ingin bersikap berlebihan. Hanya saja, Indonesia menyesalkan mengapa Israel menolak visa WNI yang ingin ke wilayah tersebut.

“Sebagai negara tentu memiliki hak untuk menerima maupun menolak visa dari warga negara manapun. Maka dengan sangat menyesal, hal itu sudah merupakan kebijakan dari pemerintah Israel,” demikian lanjut Yasonna menutup pembicaraan.

(Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/06/01/12480491/menkumham-akui-tolak-visa-53-wn-israel-yang-ingin-masuk-ke-indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *