KPK Temukan Uang 2 Miliar di Dalam Kardus Saat Melakukan OTT di Jatim

Juru bicara KPK Febri Diansyah

SuaraDemokrasi.com – KPK menemukan uang yang jumlahnya lebih dari Rp 2 miliar ketika melakukan operasi tangkap tangan di dua daerah di Jawa Timur, Rabu (6/6). Uang temuan tersebut dibungkus di dalam kardus.

“Uangnya terdiri dari pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000. Saat ini masih proses perhitungan pastinya berapa jumlahnya, namun estimasinya lebih dari Rp 2 miliar,” ujar Juru bicara KPK, Febri Diansyah ketika dikonfirmasi rabu malam tadi.

Menurut Febri, uang tersebut diduga digunakan sebagai suap yang terkait dengan proyek-proyek infrastruktur di dua daerah di Jawa Timur. Beberapa yang diduga terkait dengan proyek pembangunan jalan, proyek peningkatan jalan, dan salah satunya proyek yang terkait dengan sekolah.

Ada lima orang yang ditangkap pada OTT tersebut. Kelimanya terdiri dari kepala dinas pekerjaan umum, pihak swasta, dan pihak terkait yang berada di lokasi penangkapan. Saat ini kelima orang tersebut sedang diperiksa penyidik KPK.

“Saat ini, tim kami masih terus melakukan pendalaman informasi di lapangan,” kata Febri.

Sebelumnya, di Purbalingga KPK juga telah menangkap Bupati Purbalingga, Tasdi dalam OTT-nya. Baru satu hari OTT di Purbalingga, KPK kembali melakukan OTT di dua daerah di Jawa Timur.

“Belum bisa saya sebutkan secara spesifik daerahnya mana. Namun tim kami telah disebar di dua daerah tersebut.

Terakhir tadi ada sekitar 5 orang yang diamankan,” ujar Febri Diansyah ketika dikonfirmasi, Rabu (6/6).
Menurutnya, hingga saat ini tim KPK masih berada di lapangan. Uang temuan tersebut juga telah diamankan yang diduga akan digunakan sebagai transaksi suap kepada penyelenggara negara.

“Penentuan status orang yang diamankan batas waktunya 1×24 jam sesuai dengan KUHAP,” kata Febri menegaskan.

(Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/06/07/00415931/rabu-malam-kpk-tangkap-tangan-5-orang-di-jawa-timur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *