Jalur Mudik 2018 Dinilai Pemerintah Jauh Lebih Baik

SuaraDemokrasi.com – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atas nama pemerintah, menilai kesiapan mudik untuk tahun 2018 ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pasalnya selain sudah tersedia tiga pilihan rute jalan nasional, juga telah didukung tersambungnya jalan tol Jakarta – Surabaya baik itu secara operasional maupun fungsional.

“Tahun ini, kami telah melaporkan kepada DPR di dalam raket kemarin, Senin (4/6. Dalam laporan tersebut menyebutkan jalur mudik lebih baik dibandingkan tahun lalu. Kondisi jalan nasional tahun ini telah 90% mantab,” demikian kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangannya pada Selasa, (5/6).

Menteri Basuki juga menjelaskan, di Pulau para pemudik memiliki tiga pilihan rute jalur mudik jalan nasional yang pastinya bisa menjadi alternatif pemudik selain jalan tol.

Rute-rute jalan nasional itu diantaranya, pertama Pantai Utara sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah sepanjang 1.197 km. dan Lintas Selatan sepanjang 1.405 km.

Sedang untuk pantai selatan, Menteri Basuki juga mempromosikan bagi para pemudik untuk melewatinya karena dipenuhi dengan obyek wisata.

“Di jalur pansela untuk mudik 2018 ini telah tersambung dari Banten hingga Pacitan. Sedangkan dari Pacitan ke Banyuwangi baru akan dikerjakan tahun ini dengan agenda pelebaran jalan,” tandas Menteri Basuki.

Selanjutnya, Menteri PUPR juga mengatakan jika perbaikan jembatan Cincin Lama atau yang dikenal dengan nama Jembatan Widang di Jawa Timur, saat ini telah selesai dan sudah bisa dilintasi.

Jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo itu pernah runtuh pada 17 April 2018 akibat banyaknya kendaraan dengan muatan berlebih yang melintas.

“Perbaikan Jembatan Cincin Lama kini telah selesai 100%, sudah diuji coba dan siap untuk dilalui mulai tanggal 5 sesuai rencana,” katanya.

Proses perbaikan jembatan ini dilakukan dengan memasang jembatan rangka baja tipe Garuda Paksi A-50 yang bentangnya berukuran 50 meter dan didatangkan dari Gudang Peralatan Kementrian PUPR di Cibinong.

Perbaikan jembatan ini menelan anggaran sebesar Rp 11 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya. Setelah jembatan ini selesai dikerjakan, besar tonase yang diijinkan melintas adalah 45 ton.

Selain di pulau Jawa, Menteri Basuki juga telah menugaskan seluruh pejabat eselon satu di Kementrian PUPR untuk mengecek kesiapan jalan nasional yang akan digunakan sebagai jalur mudik di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/716088/pemerintah-nilai-jalur-mudik-2018-lebih-baik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *