Jalan Tol Medan-Binjai Resmi Beroperasi

Jalan tol Medan Binjai seksi I

SuaraDemokrasi.com – Jalan tol Medan – Binjai seksi I Sumatera Utara, resmi beroperasi dan status fungsional. Dengan demikian jalan tol ini sudah bisa dilalui oleh para pemudik secara gratis menjelang Lebaran 2018 atau Idul Fitri 1439 H. Demikian seperti yang diungkapkan manager proyek pembangunan jalan tol Medan – Binjai, Hestu Budi di Binjai, Kamis (31/5).

“Saat ini prosesnya untuk seksi I sudah hampir rampung,” katanya.

Jalan tol itu nantinya dapat dilalui secara gratis. Jalan yang menghubungkan Medan dan Binjai untuk seksi I ini memiliki panjang 3,6 km. Dimana jalan tol ini merupakan ruang jalur tambahan dari pintu tol Helvetia yang menuju jalan Veteran Medan di pintu tol Marelan.

Namun, Hestu kembali mengemukakan bahwa ruas jalan tersebut masih berstatus fungsional. Pasalnya belum dilakukan uji kelayakan sehingga jalur tol tersebut belum bisa beroperasi maksimal.

“Jalan tol ini merupakan penambahan ruas tol Medan-Binjai dari pintu tol Helvetia menuju jalan Veteran yang nantinya akan diberi nama pintu tol Marelan,” ujarnya.

Untuk pengerjaan jalur tambahan tersebut, dinilainya sudah mencapai tahanp 70% dan akan terus dikebut sehingga segera bisa dilalui pemudik di Idul Fitri 1439 Hijiriah. Untuk para pemudian yang ingin melintas di jalur ruas tambahan diharapkan berhati-hati. Karena masih ada sejumlah ruas jalan yang masih dalam pengerjaan di lapangan, katanya.

Jalan tol Medan-Binjai memiliki panjang 17 kilometer yang terbagi atas tiga seksi. Sebelumnya sudah dioperasionalkan sejak arus mudik Lebaran 2017. Seksi 2 dan 3 yang telah dioperasionalkan, sedang untuk seksi I yang panjangnya 6 kilometer masih dalam tahap pengerjaan dan selesai di tahun 2019. Namun sepanjang 3,6 kilometer sudah bisa dilalui.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/714982/jalan-tol-medan-binjai-seksi-1-operasional)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *