Dibalik Fakta Anggaran Pohon Plastik di Jakarta

Pohon plastik viral

SuaraDemokrasi.com – Beberapa hari terakhir sedang heboh dengan adanya lampu hias yang berwujud pohon plastik di Jakarta. Kehadirannya di trotoar Jakarta begitu menyita perhatian masyarakat. Pohon-pohon plastik yang dipasang di jalan MH. Thamrin dan Jalan Merdeka Barat menjelang lebaran dan Asian Games itu begitu menghebohkan masyarakat tentunya.

Para netizen sangat memprotes dengan keberadaan pohon plastik tersebut. Dimana pohon plastik itu telah memakan area trotoar dan secara estetika dianggap tidak menarik.

Dari koalisi pejalan kaki juga memberikan sorotannya terkait keberadaan dari pohon plastik yang dipasang di trotoar tersebut. Tentunya dengan dipasangnya pohon-pohon plastik itu akan menghalangi para pejalan kaki yang akan melintas di trotoar tersebut.

Komunitas tersebut merasa miris karena pohon yang asli ditebang namun justru yang palsu banyak bermunculan dengan alasan untuk memperindah trotoar.

Tidak lama setelah dipasang dan memang posisinya menghalangi trotoar, belakangan juga dipersoalkan mengenai anggaran dari pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik itu. Telah beredar dua versi anggaran, pertama anggaran senilai Rp 8,1 miliar dari Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

Sedang versi kedua, yakni versi anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk pengadaan lampu hias dan pencahayaan kota di Suku Dinas Perindustrian dan Energi tahun anggaran 2018.

Kedua anggaran yang telah beredar itu kemudian dibantah oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dirinya memastikan tidak ada anggaran seperti itu di tahun 2018 yang terbuang hanya untuk pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik.

Dijelaskan oleh Sandiaga, bahwa lampu hias berwujud pohon plastik itu merupakan stok lama yang biasa dipasang ketika perayaan hari besar.

“Itu yang kita Insya Allah bisa dipastikan bahwa tidak ada anggaran yang terbuang untuk pengadaan pohon plastik,” ujar Sandiaga, Jumat (1/6).

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengatakan pohon plastik yang sempat viral tersebut bukan berasal dari pengadaan tahun ini.

Disebutkan oleh Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat, Iswandi bahwa lampu hias berwujud pohon plastik itu adalah anggaran pengadaan tahun 2017.

Pohon plastik yang merupakan penerangan jalan tersebut merupakan barang inventaris Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.

(Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/04/05531951/fakta-tentang-anggaran-pohon-plastik-di-jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *